Pengaruh Komunikasi Atasan ke Bawahan (downward communication) terhadap Iklim Komunikasi Organisasi di Divisi Marketing

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi Atasan ke Bawahan (downward communication) terhadap iklim komunikasi organisasi di Divisi Marketing PT Central Aneka Busana.
Komunikasi atasan ke bawah menunjukan arus pesan yang yang mengalir dari para atasan atau para pimpinan kepada bawahannya. Kebanyakan komunikasi ke bawah digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan yang berkenaan dengan tugas-tugas dan pemeliharaan. Pesan tersebut biasanya berhubungan dengan pengarahan, tujuan, disiplin, perintah, pertanyaan dan kebijaksanaan umum. Iklim komunikasi organisasi adalah gabungan dari seluruh kegiatan komunikasi, harapan-harapan, dan perilaku manusia yang terjadi didalam organisasi.
Sumber data diperoleh dari penyebaran kuesioner. Sampel dibatasi 50 orang berdasarkan teknik sampel sensus. Dari penyebaran kuesioner yang berisi 29 pertanyaan untukvariabel X dan 18 pertanyaan untuk variabel Y) terdapat 2 kuesioner yang tidak diisi lengkap, sehingga jumlah kuesioner yang dapat diolah adalah 48. Metode analisis data menggunakan perhitungan uji validitas dan reliabilitas untuk uji instrumen, uji korelasi, uji regresi, dan uji t dengan bantuan software SPSS versi 13.0.
Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan Komunikasi Atasan ke Bawahan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Iklim Komunikasi Organisasi pada Divisi Marketing PT Central Aneka Busana, Jakarta. Kesimpulan ini diperoleh dari hasil uji korelasi, uji regresi, uji koefesien determinasi, dan uji t.
Adanya hubungan dan pengaruh yang positif, searah dan signifikan, artinya jika variabel Komunikasi Atasan ke Bawahan mengalami peningkatan dalam kualitasnya maka akan diikuti dengan peningkatan pada Iklim Komunikasi Organisasi. Begitu juga sebaliknya, jika variabel bebas tersebut mengalami penurunan, maka akan diikuti dengan penurunan pada variabel terikat.
File Selengkapnya.....

Tag Favorit :

Pengaruh Komunikasi Atasan ke Bawahan (downward communication) terhadap Iklim Komunikasi Organisasi di Divisi Marketing adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "Pengaruh Komunikasi Atasan ke Bawahan (downward communication) terhadap Iklim Komunikasi Organisasi di Divisi Marketing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel