25. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Smk Ibu Kartini Pada Mata Diklat Menggambar Busana Dengan Penggunaan Media Komik Dan Media Gambar


ABSTRAK

Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepenerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat sehingga proses belajar terjadi. Penggunaan media yang tepat akan meningkatkan hasil belajar dan membuat proses belajar menjadi menarik dan menyenangkan, dapat mengurangi kesalahanpahaman dan ketidak jelasan. Ada beberapa jenis media diantaranya adalah media komik dan media gambar.

Permasalahan yang timbul adalah apakah ada perbedaan hasil belajar mengambar busana pokok bahasan proporsi tubuh antara siswa yang diajar dengan menggunakan media komik dan media gambar pada siswa kelas I busana SMK Kartini tahun diklat 2005/2006 ?. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar dan untuk mengetahui media mana yang paling efektif untuk mencapai prestasi belajar menggambar busana pokok bahasan proporsi antara siswa yang diajar dengan menggunakan media komik dengan media gambar pada siswa kelas I busana SMK Kartini tahun ajaran 2005/2006.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa, kelas I Busana SMK Kartini yang menggambil mata diklat menggambar busana pokok bahasan proporsi. Sampel diambil secara random dengan cara menggundi 3 kelas, maka diperoleh kelas I Busana I diberi pengajaran media komik, kelas I busana 3 diberi pengajaran dengan media gambar, dan kelas I busana 2 kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes obyektif dan tes praktek. Uji validitas menggunakan validitas butir (korelasi product moment), uji reliabilitas butir menggunakan KR-20 dan uji reliabilitas isi menggunakan ratings. Analisis data menggunakan uji-t.

Hasil analisis diperoleh Media komik X = (73,88/84,19) lebih baik dibandingkan dengan media gambar X = (70,98/76,77), dk Media komik dan media gambar = (6-3=3/6-3=3), t hitung Media komik dan media gambar = (-1,23>-4,12), t tabel Media komik dan media gambar = (2,00/2,00), dengan demikian menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu ada perbedaan hasil belajar menggambar busana pada pokok bahasan proporsi tubuh antara siswa yang diajar dengan menggunakan media komik dengan media gambar pada siswa kelas I Busana SMK Kartini tahun ajaran 2005/2006, dari hasil analisis diatas maka diketahui bahwa media komik lebih efektif sebagai sarana proses belajar mengajar menggambar busana pada pokok bahasan proporsi.

Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar menggambar busana pada pokok bahasan proporsi antara siswa yang diajar dengan nenggunakan media komik dengan media gambar pada siswa kelas I SMK Kartini tahun ajaran 2005/2006, media komik lebih efektif untuk mencapai prestasi belajar mengambar busana pokok bahasan proporsi tubuh dari pada media gambar. Saran yang dapat diambil adalah media komik dapat dijadikan alternatif sebagai media mengajar guru untuk mata diklat Menggambar Busana, perbedaan hasil kreativitas belajar siswa pada mata diklat Menggambar Busana dengan penggunaan media komik dan media gambar tidak diteliti, maka topik kreativitas ini dapat dijadikan penelitian selanjutnya.
File Selengkapnya.....



25. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Smk Ibu Kartini Pada Mata Diklat Menggambar Busana Dengan Penggunaan Media Komik Dan Media Gambar adalah yang barusan kamu baca. MAU DAPAT FILE INI, Cukup 50RIBU saja untuk bea support dan pemeliharaan web ini kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 25. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Smk Ibu Kartini Pada Mata Diklat Menggambar Busana Dengan Penggunaan Media Komik Dan Media Gambar - Jika setuju silahkan bisa Request via WA Klik Disini

25. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Smk Ibu Kartini Pada Mata Diklat Menggambar Busana Dengan Penggunaan Media Komik Dan Media Gambar


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "25. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Smk Ibu Kartini Pada Mata Diklat Menggambar Busana Dengan Penggunaan Media Komik Dan Media Gambar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Klikskripsi