43. Implementasi Konsep Society Learning melalui Metode Karya Wisata dan Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar

ABSTRAK Society learning atau masyarakat belajar diartikan sebagai suatu konsep masyarakat yang selalu melakukan aktivitas belajar tanpa memperdulikan batas umur. Intinya masyarakat belajar adalah masyarakat yang selalu sadar akan kebutuhan belajar untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuannya dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Demikian juga dengan konsep belajar di sekolah, kegiatan belajar juga seharusnya menerapkan konsep belajar society learning ini. Namun demikian, selama ini belajar seakan diasumsikan tidak akan terjadi kecuali di sekolah atau di kelas. Selain itu, pendidikan lebih banyak dipandang sebagai sesuatu yang terpisah dengan kehidupan empiris di masyarakat karena cenderung lebih mengedepankan teori dan kurang menyentuh pada dunia empiris dalam kehidupan masyarakat yang sesungguhnya. Pola belajar yang mengedepankan teori tersebut bisa saja memberikan literatur yang tidak utuh terhadap pemahaman siswa yang bisa juga berimplikasi terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan pada dasarnya, pendidikan merupakan bagian integral dengan masyarakat sekitarnya. Jika pendidikan mengharuskan keseimbangan antara teori dan praktek, maka seharusnya masyarakat adalah laboratorium sesungguhnya bagi pendidikan itu. Berangkat dari pemikiran tersebut, penelitian ini dilakukan dari adanya pemasalahan yang dihadapi oleh guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Madrasah Ibtidaiyyah Sunan Kalijogo terkait rendahnya hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV A yang diajarnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana cara meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV A Madrasah Ibtidaiyyah Sunan Kalijogo Malang tersebut dengan menerapkan konsep Society Learning melalui metode karya wisata dan resitasi yang meliputi perencanaan, implementasi dan evaluasinya. Adapun penerapan konsep masyarakat belajar dalam peneletian ini dilakukan dengan cara karya wisata atau kunjungan ke masyarakat dan menggunakan orang/ masyarakat sebagai narasumber. Perencanaanya dimulai dari menyiapkan skenario pembelajaran, mengembangan materi ajar dan tugas resitasi, menentukan media pembelajaran dan mengembangkan instrumen evaluasi belajar. Sedangkan untuk evaluasinya, secara teknis menggunakan penilaian unjuk kerja, penilaian sikap dan tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi konsep society learning melalui metode karya wisata dan resitasi diketahui dapat meningkatkan hasil belajar mapel Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV A Madrasah Ibtidaiyyah Sunan kalijogo Malang. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar penerapan konsep society learning melalui metode karya wisata dan resitasi ini dapat menjadi salah satu pedoman atau acuan dalam kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah. Khususnya di tingkat Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar.
File Selengkapnya.....

43. Implementasi Konsep Society Learning melalui Metode Karya Wisata dan Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 43. Implementasi Konsep Society Learning melalui Metode Karya Wisata dan Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



43. Implementasi Konsep Society Learning melalui Metode Karya Wisata dan Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "43. Implementasi Konsep Society Learning melalui Metode Karya Wisata dan Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi