37. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Siswa Kelas 1 SD

ABSTRAK


BIYONO. 2012. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match Pada Siswa Kelas I SD Madugowongjati 02 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Program Sarjana (S1) Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan. Program Studi PGSD-FKIP-Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Pembimbing: Adi Winanto,S.Pd.M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika , Make A Match
Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran matematika di Kelas I SD Madugowongjati 02 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang belum mencapai hasil yang diharapkan khususnya untuk materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka dimana dari 18 siswa baru 8 siswa yang mencapai tuntas belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis merumuskan cara pemecahan masalah yaitu merancang pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, pembelajaran yang menjadikan siswa tidak takut belajar matematika. Model pembelajaran yang dipilih penulis dan diyakini mampu mengatasi masalah pembelajaran matematika tersebut adalah pembelajaran kooperatif Make A Match
Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Matematika Pada Siswa Kelas I SD Madugowongjati 02 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting) dan pengamatan (observing), dan yang terakhir refleksi (reflecting). Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar berupa nilai ulangan siswa, data proses pembelajaran dan aktifitas siswa hasil pengamatan oleh teman sejawat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu membandingkan hasil pra siklus, hasil siklus satu dan hasil siklus dua.
Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu bulan Pebruari sampai dengan bulan April 2012 , subjek peneltiian adalah siswa Kelas I SD Madugowongjati 02 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 18 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teoritik maupun secara empirik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa Kelas I mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka di SD Madugowongjati 02 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Hasil analisa data menunjukan bahwa telah terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari 60 pada pra siklus menjadi 88 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat dari 8 siswa atau 44 % pada pra siklus menjadi 18 siswa atau 100 % siswa tuntas. Karena indikator keberhasilan penelitian ini adalah 85 % siswa tuntas belajar maka penelitian ini dianggap berhasil.
. Guru disarankan agar selalu berusaha menciptakan suasana pembelajaran matematika sedemikian rupa sehingga siswa senang, siswa aktif dan kreatif dalam belajar.


37. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Siswa Kelas 1 SD adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 37. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Siswa Kelas 1 SD




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



37. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Siswa Kelas 1 SD


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "37. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Siswa Kelas 1 SD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi