279.Hubungan Kadar Serum Laminin Dengan

ABSTRAK  

HUBUNGAN KADAR SERUM LAMININ DENGAN KEPARAHAN PENYAKIT HATI
Iman Randal Tarigan*, Mabel Sihombing**
Divisi Gastroenterohepatologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam  FK USU / RSUP H.Adam Malik

Latar Belakang: Patogenesis fibrosis hati merupakan proses yang sangat kompleks melibatkan hepatic stellate cells (HSC)  sebagai sel utama, sel Kupffer, lekosit, bermacam-macam mediator, sitokin, growth factors dan  inhibitornya serta berbagai jenis kolagen. Beberapa cara yang digunakan untuk melihat alternative lain  dalam menentukan derajat fibrosis hati dengan memeriksakan laminin (LN) serum. Penelitian sebelumnya belumlah menggambarkan keseragaman nilai LN dalam menentukan derajat kerusakan hati.  
Tujuan:  Untuk mengetahui peningkatan  kadar serum LN pada penderita SH dan untuk membuktikan  bahwa peningkatan kadar serum laminin berbanding lurus dengan peningkatan derajat keparahan SH.
Penelitian dilakukan secara studi potong lintang dengan pendekatan deskriptif analitik, mulai  Januari 2008 - Juni 2008, dan mengikutsertakan pasien laki-laki dan perempuan penderita SH rawat jalan poliklinik dan rawat inap di Divisi Gastroenterohepatologi Departemen Penyakit Dalam RS.H. Adam Malik  Medan serta pasien praktek Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Gastroenterohepatologi di Medan. Diagnosis ditegakkan dengan anamnesis, pemeriksaan fisik, USG dan pemeriksaan laboratorium .  
Hasil: Produksi LN terutama di hati dan kadarnya berbanding lurus dengan derajat keparahan hati. Pada  penelitian ini didapati kelompok pasien CTP A kadar LN serum 718,30 + 282,22 ng/ml, CTP B kadar LN  serum 1241 + 173,80 ng/ml sedangkan pada CTP C kadar LN serum 1732,82 + 411,34  ng/ml. Ada  perbedaan yang bermakna antara kadar LN serum pada penderita sirosis hati CTP A dengan CTP B  (p=0,0001), B dengan C (p=0,0001) dan juga CTP A dengan C (p=0,0001). Korelasi positif dijumpai  antara CTP dengan kadar serum LN. Hubungan ini diperkuat dengan analisa regresi yang menunjukkan  kuat hubungan antara CTP dengan kadar serum LN sebesar 65,3%.
Kesimpulan: Kadar LN dalam serum berbanding lurus dengan beratnya derajat kerusakan hati pada penderita SH dan  kadar LN penderita SH lebih tinggi dibanding orang sehat.  

Kata Kunci: fibrosis hati, LN, CTP
File Selengkapnya.....



Tag Favorit :

279.Hubungan Kadar Serum Laminin Dengan adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "279.Hubungan Kadar Serum Laminin Dengan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel