6. Partisipasi Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) Dalam Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (Apbd) Di Desa Kumasari Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara

ABSTRAK

HERY PUTAR JAGAD. Partisipasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBD) di Desa Kumasari Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara (dibimbing oleh Mappamiring dan Ansyari Mone).

Partisipasi adalah suatu wujud dari peran serta masyarakat dalam aktivitas berupa perencanaan dan pelaksanaan untuk mencapai tujuan pembangunan masyarakat. Wujud dari partisipasi dapat berupa saran , jasa ataupun dalam bentuk materi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam suasana yang demokratis. Berdasarkan hal tersebut, peneliti terdorong untuk mencoba menggambarkan dan menjelaskan partisipasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBD) di Desa Kumasari Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menjelaskan mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dari partisipasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBD) di Desa Kumasari Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara. Data tersebut didapatkan dengan menggunakan instrumen dokumentasi dan wawancara terhadap responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBD) di Desa Kumasari Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara bahwa BPD belum sepenuhnya berpartisipasi secara aktif. Dimana partisipasi BPD dalam penyusunan APBD sampai ditetapkan menjadi peraturan desa dan dilaksanakan menjadi program desa. Partisipasi BPD dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa mempunyai indikator antara lain menjaring aspirasi masyarakat, pengambilan keputusan, dan koordinasi dengan instansi terkait.

Keyword : Partisipasi aparatur desa dan penyusunan Anggaran Pandapatan dan Belanja Desa (APBD)
File Selengkapnya.....


6. Partisipasi Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) Dalam Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (Apbd) Di Desa Kumasari Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 6. Partisipasi Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) Dalam Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (Apbd) Di Desa Kumasari Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



6. Partisipasi Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) Dalam Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (Apbd) Di Desa Kumasari Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "6. Partisipasi Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) Dalam Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (Apbd) Di Desa Kumasari Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi