12. Analisis Hukum Islam Terhadap Akad Utang Piutang Uang Dengan Pelunasan Barang Di Desa Kedungringin

ABSTRAK

Skripsi yang berjudul “Analisis Hukum Islam terhadap Akad Utang Piutang Uang   dengan Pelunasan Barang   di   Desa   Kedungringin   Kecamatan   Beji Kabupaten Pasuruan” ini merupakan hasil penelitian di Desa Kedungringin Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan, untuk menjawab pertanyaan: bagaimana praktik akad utang piutang uang dengan pelunasan barang di Desa Kedungringin Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan? dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap   akad   utang   piutang   uang   dengan   pelunasan   barang   di   Desa Kedungringin Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut digunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik interview  (wawancara),serta studi dokumen.  Data  yang  telah  dikumpulkan selanjutnya disusun  dan  dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif, yakni memaparkan utang piutang dan riba dalam hukum Islam untuk menganalisis akad utang piutang  uang dengan pelunasan barang, dengan pola pikir induktif.
Hasil penelitian  ini menyatakan bahwa akad utang piutang  uang dengan pelunasan  barang di  Desa Kedunringin  Kecamatan  Beji  Kabupaten  Pasuruan terjadi karena adanya jual beli ikan yang ditangguhkan. Adapun akad tersebut dilakukan secara lisan tanpa dituliskan. Sedangkan dalam pelunasannya menggunakan barang dan disyaratkan barang tersebut harus lebih tinggi dari nilai yang dihutang.  Hal  ini  sudah  sesuai  dengan  syariat  hukum  Islam  karena tambahan  yang disyaratkan muqrid{  hanya merupakan ancaman agar muqtarid{ tidak mengulur-ulur waktu dalam pembayarannya. Praktik akad utang piutang uang dengan pelunasan di Desa Kedungringin Kecamatan  Beji  Kabupaten  Pasuruan  yang  dilakukan  seharusnya  dituliskan untuk menghindari kesalahpahaman di masa yang akan datang. Sebaiknya para pelanggan tidak mengulur-ulur waktu dan segera melunasi hutangnya saat belum menumpuk dan menghentikan pengiriman ikan untuk sementara waktu, sehingga mereka tidak harus membayar hutang dengan barang.

File Selengkapnya.....


12. Analisis Hukum Islam Terhadap Akad Utang Piutang Uang Dengan Pelunasan Barang Di Desa Kedungringin adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 12. Analisis Hukum Islam Terhadap Akad Utang Piutang Uang Dengan Pelunasan Barang Di Desa Kedungringin




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



12. Analisis Hukum Islam Terhadap Akad Utang Piutang Uang Dengan Pelunasan Barang Di Desa Kedungringin


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "12. Analisis Hukum Islam Terhadap Akad Utang Piutang Uang Dengan Pelunasan Barang Di Desa Kedungringin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi