37. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas Viii Smp Tutwuri Handayani Makassar

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut manusia untuk belajar dan terus belajar. Karena tanpa adanya proses belajar kita akan mengalami ketertinggalan. Agar kita tidak mengalami ketertinggalan maka kita harus ikut dalam persaingan. Hal itu juga berlaku dalam dunia pendidikan ditunjang dengan adanya penemuan-penemuan dalam teknologi dan tidak menutup kemungkinan dalam   pembelajaran   di   sekolah   khususnya   mata   pelajaran   matematika. Matematika   memegang   peranan   yang   sangat   penting   bagi   perkembangan teknologi itu sendiri karena matematika adalah dasar untuk memudahkan belajar bidang studi lain. Dengan kata lain, orang yang mahir matematika akan mudah mempelajari pelajaran lain karena matematika dapat membantu dalam penataan nalar dan membentuk sikap yang dapat menumbuhkan kemampuan berpikir logis, sistematis, dan kreatif dalam diri siswa.
Salama  ini  proses  pembelajaran  matematika  di  sekolah  lebih mengutamakan pada tercapainya target kurikulum, tetapi kurang memperhatikan pengembangan kemampuan belajar siswa. Kondisi pembelajaran seperti ini dialami oleh sekolah-sekolah, termasuk di SMP Tutwuri Handayani Makassar. Dari hasil tes siswa kelas VIII.a yang diberikan  oleh  guru  matematika,  skor rata-rata siswa  berada  dalam  kategori rendah yaitu 52,7 sedangkan KKM yang ditetapkan disekolah adalah 75. Hal ini disebabkan karena siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit,siswa beralasan terlalu banyak rumus-rumus yang harus dihafal dan kebanyakan materi tidak berkaitan dengan keseharian mereka.
Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di SMP Tutwuri Handayani Makassar terutama dikelas VIIIa, antara lain: 1) kebanyakan siswa berasal dari keluarga broken Home, 2) tidak sedikit diantara mereka yang mencari pekerjaan sampingan  setelah  pulang  sekolah,  3)  adanya faktor lingkungan  yang  bebas karena berada ditengah perkotaan. Kenyataan tersebut menyebabkan hasil belajar matematika siswa menjadi rendah.
Dalam  proses  pembelajaran  yang  diinginkan  adalah  pola  pembelajaran yang dapat membuat matematika terasa mudah dan menyenangkan. Pembelajaran matematika hendaknya dikaitkan seoptimal mungkin dengan kehidupan sehari- hari dan alam pikiran siswa, sehingga bermakna dalam kehidupan siswa dan tidak terlalu abstrak.
Pendidikan matematika realistik ini adalah teori pembelajaran yang menetapkan agar pembelajaran bertitik tolak dari hal-hal yang nyata bagi siswa yang menekankan keterampilan berdiskusi, berargumentasi dengan teman sekelas, sehingga mereka dapat menemukan sendiri dan pada akhirnya menggunakan matematika   untuk   menyelesaikan   masalah   baik   secara   individu   maupun kelompok.

File Selengkapnya.....


37. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas Viii Smp Tutwuri Handayani Makassar adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 37. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas Viii Smp Tutwuri Handayani Makassar




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



37. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas Viii Smp Tutwuri Handayani Makassar


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "37. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas Viii Smp Tutwuri Handayani Makassar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi