89. Implementasi Psikoterapi Islam Dalam Mengatasi Problematika Psikologis

ABSTRAK

Pada masa kini kita melihat kenyataan bahwa banyak permasalahan emosional dalam bidang pekerjaan, perkawinan, hubungan manusia dan kehidupan kemasyarakatan. Hal ini merupakan rangsangan dan inspirasi untuk perluasan penggunaan psikoterapi dalam bidang psikologis, pekerjaan sosial, agama, kepemimpinan dan penegak hukum. Kenyataan merasuknya penyakit emosional ke dalam struktur watak individu telah meluaskan tujuan psikoterapi, tidak sekedar mengurangi atau mengubah gejala menuju pada koreksi kerusakan pola hubungan manusiawi. Dalam hal ini ahli psikoterapi mampu menjadi perantara dalam mekanisme perubahan struktur dan watak. 
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui implementasi psikoterapi Islam di biro konsultasi psikologi Tazkia dalam mengatasi problematika psikologis mahasiswa STAIN Salatiga. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah, (1) Bagaimanakah konsep psikoterapi Islam?, (2) Apa sajakah problematika yang dialami mahasiswa STAIN Salatiga?, (3) Bagaimana implementasi psikoterapi Islam dalam mengatasi masalah psikologis mahasiswa di biro konsultasi psikologi Tazkia?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi pengembangan (research and development).
Temuan penelitian menunjukkan bahwa Biro Konsultasi Psikologi Tazkia mempunyai beberapa program layanan konseling dan terapi. Dalam terapi, salah satu metode yang digunakan adalah psikoterapi religius. Psikoterapi religius atau lebih tepatnya psikoterapi Islam merupakan metode penanganan masalah atau proses penyembuhan penyakit dengan lebih meningkatkan kesadaran mengingat Allah melalui bimbingan Al Qur’an dan As Sunnah. Hal ini selain bertujuan untuk menyembuhkan penyakit juga dapat lebih mendekatkan klien kepada Allah swt. Dalam perjalanannya klien yang datang ke biro tidak hanya dari kalangan mahasiswa tapi juga dari masyarakat umum. Kebanyakan dari mereka mengeluhkan masalah pribadi, sedangkan untuk klien mahasiswa sendiri lebih kepada masalah pergaulan, studi dan keluarga. Proses penanganan problem klien di Biro Konsultasi Psikologi Tazkia dibagi menjadi dua yaitu penanganan klien secara individu dan massal. Penanganan secara massal merupakan solusi biro untuk menyelesaikan permasalahan klien yang belum bisa terbuka dengan keberadaan biro secara individu, juga untuk mengoptimalkan peran serta mahasiswa STAIN Salatiga dalam mengfungsikan biro, mengingat jumlah klien mahasiswa jauh lebih sedikit dibanding klien dari masyarakat umum. Mengacu   pada   temuan   tersebut,   maka   penelitian ini merekomendasikan agar kegiatan di biro untuk mahasiswa ditambah sehingga mahasiswa bisa mengoptimalkan peran Biro Konsultasi Psikologi Tazkia. 

Kata kunci: psikoterapi Islam dan problematika psikologis.
File Selengkapnya.....


89. Implementasi Psikoterapi Islam Dalam Mengatasi Problematika Psikologis adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 89. Implementasi Psikoterapi Islam Dalam Mengatasi Problematika Psikologis




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



89. Implementasi Psikoterapi Islam Dalam Mengatasi Problematika Psikologis


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "89. Implementasi Psikoterapi Islam Dalam Mengatasi Problematika Psikologis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi