90. Manajemen Pesantren Di Pondok Pesantren Pancasila Dusun Klumpit

ABSTRAK

Pondok pesantren mempunyai peranan yang besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan Islam. Untuk mencetak generasi penerus yang cerdas dan berahklaq mulia untuk mencapai semua itu maka perlu adanya manajemen pendidikan di pondok pesantren tersebut, seperti pondok pesantren Pancasila Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan pesantren di Pondok Pesantren Pancasila Kota Salatiga tahun 2013. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Pancasila Dusun Klumpit Kel Blotongan Kec. Sidorejo Kota Salatiga? (2) Bagaimana daya dukung dan hambatan manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Pancasila Dusun Klumpit Kel Blotongan Kec. Sidorejo Kota Salatiga? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data-data yang diperoleh dari objek penelitian dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis dengan cara mendeskripsikan data dari informan, mereduksi data sesuai kebutuhan penelitian, kemudian dianalisis oleh penulis, dan disimpulkan untuk menjawab penelitian.
Temuan penelitian ini bahwa sistem pendidikan yang dilaksanakan di pondok pesantren pancasila yaitu dengan sistem klasikal dan dipadukannya dengan pendidikan modern karena di dalam Pondok Pesantren Pancasila ada SMK Pancasila dan MTs Pancasila juga, manajemen yang dilaksanakan di pondok pesantren pancasila meliputi, manajemen peserta didik, manajemen personalia, manajemen keuangan, pengelolaan pembelajaran dan manajemen sarana dan prasarana, Dalam pelaksanaannya ditemui sejumlah hambatan yakni kurangnya tenaga pengajar, kondisi fisik santri yang sudah capek karena selain mengikuti pembelajaran di pondok juga mengikuti pembelajaran di sekolahan, kurangnya fasilitas sarana dan prasarana sedangkan daya dukungnya yaitu adanya hubungan yang baik antara pengajar dan santrinya, di dalam pembelajarannya para guru menggunakan pendekatan yang baik untuk membuat santri-santri di pondok ini senang dalam mengikuti program yang telah dibuat oleh kepengurusan, kerjasama antara dewan pengajar juga sangat penting dalam mengelola dan mengembangkan pendidikan di pondok ini untuk mencapai tujuan yang di inginkan yang sesuai dengan visi dan misi di pondok ini.

Kata Kunci: Manajemen Pesantren
File Selengkapnya.....


90. Manajemen Pesantren Di Pondok Pesantren Pancasila Dusun Klumpit adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 90. Manajemen Pesantren Di Pondok Pesantren Pancasila Dusun Klumpit




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



90. Manajemen Pesantren Di Pondok Pesantren Pancasila Dusun Klumpit


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "90. Manajemen Pesantren Di Pondok Pesantren Pancasila Dusun Klumpit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi