913. Studi Analisis Pemikiran K.H Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam Di Indonesia

ABSTRAK

Penelitian ini berangkat dari tantangan yang sedang dihadapi pendidikan Islam di Indonesia. Tantangan yang paling parah antara lain  adanya  krisis  moral  masyarakat  sehingga  muncul anggapan bahwa pendidikan Islam masih belum mampu merealisasikan tujuan pendidikan secara menyeluruh. Penelitian ini mencoba  menemukan konsep pendidikan Islam yang relevan dengan keadaan masa kini melalui sosok K.H. Ahmad Dahlan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan “Bagaimana pemikiran K.H. Ahmad Dahlan tentang pendidikan Islam di Indonesia?”. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan historis. Analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis), sedang penyajiannya menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Temuan  dalam  penelitian  ini  adalah  (1)  Konsep  pendidikan yang  dilakukan  K.H. Ahmad Dahlan  adalah  konsep  pendidikan dengan model integral. Dimana beliau memadukan pendidikan sekuler dengan pendidikan agama, bukan mendikotomikan keduanya. (2) Tujuan pendidikan Islam yang ingin dicapai oleh K.H. Ahmad Dahlan antara lain: Alim dalam ilmu agama, berpandangan luas dengan memiliki pengetahuan umum, siap berjuang mengabdi untuk Muhammadiyah dalam menyantuni nilai-nilai keutamaan pada masyarakat. (3) Metode yang sering digunakan K.H. Ahmad Dahlan dalam pembelajaran adalah metode praktik, metode keteladanan, serta metode guru bertanya siswa menjawab. (4) Media yang digunakan K.H. Ahmad Dahlan dalam pembelajaran sangat bervariasi antara lain: Penggunaan biola yang   pada masa itu dianggap tidak lumrah dan penggunaan pengemis sebagai media dari pembelajaran tafsir al- Ma’un. (5) Sedangkan secara fungsional kegiatan evaluasi terbukti tetap dilakukan, dilihat dari perubahan tujuan dan perkembangan organisasi Muhammadiyah yang beliau dirikan.

Kata kunci: K.H. Ahmad Dahlan, Pendidikan Islam

File Selengkapnya.....


913. Studi Analisis Pemikiran K.H Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam Di Indonesia adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 913. Studi Analisis Pemikiran K.H Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam Di Indonesia




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



913. Studi Analisis Pemikiran K.H Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam Di Indonesia


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "913. Studi Analisis Pemikiran K.H Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi