99. Relevansi konsep zikir menurut prof Dr H M. AMIN SYUKUR M.A dengan tujuan pendidikan islam

ABSTRAK

Skripsi ini membahas relevansi konsep żikir menurut Prof. Dr. H.M. Amin Syukur M.A dengan tujuan pendidikan Islam. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pengalamannya selama terkena 2 kanker ganas yang kemudian beliau berusaha mengobati penyakitnya melalui usaha medis dengan bantuan dokter dan penyembuhan melalui pendekatan kepada Allah SWT (berżikir). Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana konsep Prof. Dr. H.M. Amin Syukur M.A. tentang Żikir? (2) Bagaimana relevansi konsep żikir menurut Prof. Dr. H.M. Amin Syukur M.A. dengan tujuan pendidikan Islam?. Permasalahan tersebut dibahas melalui kajian tokoh atau studi tokoh yang dilaksanakan terhadap tokoh tasawuf yang juga seorang guru besar tasawuf di IAIN Walisongo Semarang. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan sosio historis dan dianalisis menggunakan metode interpretasi dan content analysis.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Żikir sebagai perbuatan ibadah, menurut Amin Syukur adalah sebagai salah satu bentuk ibadah makhluk, khususnya manusia kepada Allah dengan kesadaran mengingat kepada-Nya. Dimana ketika żikir melibatkan antara rasa dan otak secara bersamaan maka akan mempunyai efek yang sangat luar biasa. Landasan dzikir dari Amin Syukur ada 4: żikir qauly, żikir qalbi, żikir ruh dan żikir fi’ly. Manfaat dari żikir yang disebutkan oleh Amin Syukur juga ada 4: (a) memantapkan iman (b) menumbuhkan energi akhlak yang positif (c) menghindarkan diri dari bahaya serta (d) sebagai terapi jiwa. (2) Relevansi żikir dengan tujuan pendidikan Islam menurut Amin Syukur itu mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Żikir merupakan cara untuk menjadikan seseorang menjadi manusia yang baik, berakhlak mulia dan tentunya ingat akan penciptaannya di dunia ini yang bisa mengantarkan manusia menjadi insān kāmil. Karena dalam diri insān kāmil itu terintegrasi visi keimanan, keilmuan dan kemanusiaan dimana pembentukannya dibangun melalui proses pendidikan Islam. Insān Kāmil tanpa pendidikan Islam tidak akan bisa melakukan kaderisasi sehingga akan berakibat punahnya diri sendiri (mengalami kesenjangan bahkan hilangnya kader yang melangsungkan estafet perjuangan Insān Kāmil). Sebaliknya pendidikan Islam tanpa Insān Kāmil tidak akan mempunyai suatu sistem yang menjamin terlahirnya kader-kader pendidikan yang dapat berkiprah dalam kemajuan kehidupan dimasa mendatang. Hasil dari penelitan diharapkan dapat memberikan acuan bagi sistem pendidikan agar tidak mengedepankan ranah kognitif saja melainkan ranah afektif dan psikomotorik juga perlu diperhatikan.

File Selengkapnya.....


99. Relevansi konsep zikir menurut prof Dr H M. AMIN SYUKUR M.A dengan tujuan pendidikan islam adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 99. Relevansi konsep zikir menurut prof Dr H M. AMIN SYUKUR M.A dengan tujuan pendidikan islam




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



99. Relevansi konsep zikir menurut prof Dr H M. AMIN SYUKUR M.A dengan tujuan pendidikan islam


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "99. Relevansi konsep zikir menurut prof Dr H M. AMIN SYUKUR M.A dengan tujuan pendidikan islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi