10. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perkembangan Sosial Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 9 Purworejo

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional dan perkembangan sosial siswa, serta untuk mengetahui bagaimana hubungan antara keduanya.  Penelitian  dilaksanakan di SMP  Negeri  9  Purworejo  tahun  ajaran 2015/2016 pada tanggal 15 oktober – 16 oktober 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kecerdasan emosional siswa dan variable terikatnya yaitu perkembangan sosial. Populasi dalam penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Purworejo sebanyak 192 siswa. Sampel penelitian sebanyak 48 siswa yang ditentukan dengan  teknik  simple  random sampling.  Instrumen  pengumpulan  data  dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa sebesar 41,34% dengan criteria rendah dan tingkat perkembangan sosial siswa sebesar 42,02% dengan criteria rendah. Dari hasil uji korelasi diperoleh rhitung sebesar 0,527 dan rtabel sebesar 0,284 (N=48). Karena nilai rhitung > rtabel sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.  Koefisien korelasi sebesar 0,527 jika dikonversikan termasuk dalam interval 0,40 sampai dengan 0,60 dan termasuk dalam kategori agak rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan perkembangan sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Saran bagi  Sekolah SMP  N 09  Purworejo,  untuk  memahami  kemampuan perkembangan  peserta didik dengan  baik,  sehingga  perkembangan  sosial  dan kecerdasan emosional siswa dapat ditingkatkan dengan optimal, Bagi Guru BK di SMP Negeri 09 Purworejo, untuk lebih membimbing siswa dengan pendekatan yang ada di dalam bimbingan dan konseling. Hal ini disesuaikan dengan Perkembangan emosional serta perkembangan sosial siswa perlu ditingkatkan ke arah yang lebih baik.

Kata Kunci: Hubungan; Kecerdasan Emosional; PerkembanganSosial
File Selengkapnya.....


10. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perkembangan Sosial Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 9 Purworejo adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 10. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perkembangan Sosial Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 9 Purworejo




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



10. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perkembangan Sosial Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 9 Purworejo


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "10. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perkembangan Sosial Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 9 Purworejo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi