11. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Roleplaying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Mia 1 Sma

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada kelas XI MIA 1 SMA  Negeri  11 Semarang, yang  ditandai  dengan  hasil  DCM  yang  telah disebarkan siswa memilih item catatan pelajaran tidak lengkap 14%, pelajaran sekolah terlalu berat 28%, Sering takut/ cemas manghadapi ulangan 42%, Sering kuatir mendapat giliran mengerjakan tugas di papan tulis 53%, merasa beban pelajaran terlalu berat 25%, Belajar tidak teratur waktunya   64%, kalau belajar sering mengantuk 31%. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui motivasi belajar siswa sebelum diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing, (2) mengetahui motivasi belajar siswa sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing, (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing.
Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA1 SMA N 11 Semarang . Teknik sampling yang digunakan purposive sampling (sampel bertujuan) , sampel yang diambil sebanyak 37 siswa. Alat pengumpul data menggunakan skala motivasi yang telah diujicobakan dengan menggunakan validitas construct dengan rumus product moment, dan reliabelitas instrument dengan rumus alpha. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji t-test.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan, peningkatan motivasi belajar siswa dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) motivasi belajar siswa sebelum diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing termasuk dalam kategori sedang dengan presentase 65,96%. (2) motivasi belajar siswa sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing mengalami peningkatan dengan presentase 76,51% dengan kategori tinggi. (3) motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing mengalami peningkatan sebesar 10,55%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing terdapat peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 11 Semarang. Oleh karena itu disarankan kepada guru bimbingan dan konseling agar dapat menggunakan layanan penguasaan konten dengan optimal terutama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci: Motivasi Belajar; Layanan Penguasaan Konten ; Teknik Role playing
File Selengkapnya.....


11. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Roleplaying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Mia 1 Sma adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 11. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Roleplaying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Mia 1 Sma




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



11. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Roleplaying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Mia 1 Sma


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "11. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Roleplaying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Mia 1 Sma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi