12. Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Siswa Antara Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dengan Demokratis Kelas X Di Sma Negeri 1 Kedungwuni

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan berdasarkan penelitian awal melalui data angket kepada 318 siswa dan disertai data hasil wawancara. Melalui data angket yang menunjukkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni terdapat 268 siswa dengan pola asuh demokratis dan 50 siswa dengan pola asuh otoriter. Selain itu juga data ini didukung berdasarkan wawancara dengan guru BK Kelas X di SMA N 1 Kedungwuni bahwa ada beberapa siswa yang masih merasa pesimis, kurang bersemangat bersekolah, kurang puas dengan keberhasilan yang dicapai, mudah   putus   asa   dan   harga   dirinya rendah.   Tujuan   penelitian   ini   yaitu mengetahui gambaran harga diri (self esteem)pada siswa dengan pola asuh orang tua otoriter di SMA Negeri 1 Kedungwuni, mengetahui gambaran harga diri (self esteem)pada siswa dengan pola asuh orang tua demokratis di SMA Negeri 1 Kedungwuni, dan mengetahui perbedaan harga diri(self esteem) siswa antara pola asuh orang tua otoriter dengan demokratis di SMA Negeri 1 Kedungwuni.
Jenis  penelitian  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah komparatif. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu   siswa dengan pola asuh orang tua otoriter dan siswa dengan pola asuh orang tua demokratis, sedangkan variabel terikat yaitu harga diri (self esteem). Populasi dalam penelitian adalah 318 siswa dengan taraf kesalahan 5% maka sampel yang digunakan 167 siswa dan teknik sampel yang digunakan yaitu proportionate random sampling, kemudian pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologis. Validitas dalam penelitian ini adalah validitas konstrak. Uji reliabilitas pada penelitian menggunakan Cronbrach’s Alpha dan menggunakan bantuan program   Statistic Package for Social Science (SPSS) for Windows. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif persentase dan uji t-test.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu harga diri (self esteem) siswa pola asuh orang tua otoriter memperoleh prosentase rata-rata 69% dengan kategori sedang, sedangkan harga diri (self esteem) pola asuh orang tua demokratis memperoleh prosentase rata-rata 77% dengan kategori tinggi. Artinya harga diri (self esteem) siswa pola asuh orang tua otoriter lebih rendah jika dibanding harga diri (self esteem) pola asuh orang tua demokratis.
Simpulan dalam penelitian ini yaitu harga diri (self esteem) siswa pola asuh orang tua otoriter lebih rendah jika dibanding harga diri (self esteem) pola asuh orang tua demokratis.  Untuk itu  guru BK sebagai perantara antara orang tua dengan  murid,  sebaiknya  mengkomunikasikan  dengan  bijak masalah-masalah yang dialami siswa, dan orang tua murid sebaiknya menerapkan pola asuh demokratis kepada anak.

Kata Kunci: Harga Diri (Self Esteem), Pola Asuh Orang Tua Otoriter, Pola Asuh Orang Tua Demokratis
File Selengkapnya.....


12. Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Siswa Antara Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dengan Demokratis Kelas X Di Sma Negeri 1 Kedungwuni adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 12. Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Siswa Antara Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dengan Demokratis Kelas X Di Sma Negeri 1 Kedungwuni




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



12. Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Siswa Antara Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dengan Demokratis Kelas X Di Sma Negeri 1 Kedungwuni


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "12. Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Siswa Antara Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dengan Demokratis Kelas X Di Sma Negeri 1 Kedungwuni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi