213. Pengembangan Lks Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Ipa Materi Daur Air Kelas V Sdn Sekaran

ABSTRAK

IPA yang digunakan di kelas V A terpaku pada teks materi dan soal, dan kurang mengembangkan kegiatan siswa yang berkaitan dengan lingkungan siswa. Sehingga perlu adanya pengembangan LKS berbasis CTL pada pembelajaran IPA materi daur air. Rumusan masalah adalah bagaimanakah karakteristik, kevalidan, keefektifan dan kepraktisan LKS berbasis CTL pada pembelajaran IPA materi daur air kelas V SDN Sekaran 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan LKS berbasis CTL.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan metode penelitian dari Sugiyono (2015: 409), terdiri dari beberapa tahap, meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, ujicoba pemakaian dan  produksi  masal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sekaran 01. Uji coba produk dilakukan di kelas V B dengan jumlah 8 siswa dan uji coba pemakaian dilakukan di kelas V A dengan jumlah 24 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKS yang dikembangkan mengandung komponen CTL yang terdiri dari kegiatan percobaan dan pengamatan (2) LKS berbasis CTL valid berdasarkan validasi dari ahli materi, media dan guru. Didapatkan persentase dan kriteria kelayakan isi 86,5% (sangat layak), kelayakan penyajian 75% (layak), penilaian CTL 81,25% (layak), kelayakan kegrafikan 79,2% (layak), dan penilaian kebahasaan 85% (layak); (3) LKS berbasis CTL berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji t bernilai 0.000 < 0,05. Uji gain sebesar 0,37 dengan kriteria sedang; (4) persentase respons siswa dan guru setelah penggunaan LKS berbasis CTL secara klasikal 90,9% dengan kriteria sangat positif, persentase respons siswa secara klasikal 81,15% dengan kriteria positif.
Simpulan penelitian ini adalah LKS yang dikembangkan berkarakteristik CTL, LKS valid, meningkatkan hasil belajar dan praktis untuk pembelajaran IPA. Saran yang dapat disampaikan yaitu LKS berbasis CTL pada pembelajaran IPA materi daur air dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif di sekolah, dalam mengembangkan LKS berbasis CTL harus sesuai dengan komponen dalam CTL, dalam mengembangkan LKS berbasis CTL guru sebisa mungkin mengembangkan kreatifitas dan inovasinya guna tercipta kegiatan siswa yang menarik dalam LKS.

Kata kunci: CTL; IPA; LKS; Pembelajaran; Pengembangan
File Selengkapnya.....


213. Pengembangan Lks Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Ipa Materi Daur Air Kelas V Sdn Sekaran adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 213. Pengembangan Lks Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Ipa Materi Daur Air Kelas V Sdn Sekaran




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



213. Pengembangan Lks Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Ipa Materi Daur Air Kelas V Sdn Sekaran


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "213. Pengembangan Lks Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Ipa Materi Daur Air Kelas V Sdn Sekaran "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi