216. Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang.

ABSTRAK

Konsep diri merupakan suatu keadaan dimana seseorang memiliki sikap yang positif terhadap diri sendiri, mengakui dan menerima berbagai aspek diri termasuk kualitas baik dan buruk yang ada pada diri dan memandang positif terhadap kehidupan yang telah dijalani. Orang yang memiliki konsep diri yang baik akan mengembangkan sikap positif terhadap dirinya sendiri maupun lingkungan yang dihadapinya. Siswa yang memiliki konsep diri yang baik menyadari bahwa keberhasilan yang diperoleh merupakan hasil kerja keras dan usaha yang dilakukan, oleh karena itu siswa akan belajar jika ingin memiliki hasil belajar yang baik. Terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dan hasil belajar IPS siswa, karena baik konsep diri maupun ilmu sosial terbentuk dari lingkungan sekitar dan akan dikembalikan kembali pada lingkungan. Semakin baik konsep diri yang dimiliki siswa maka semakin baik pula nilai hasil belajar IPS  yang diperoleh siswa.  Rumusan masalah dalam penelitian  yaitu  “Adakah hubungan konsep diri siswa dengan hasil belajar IPS kelas V di SDN Kecamatan Bodeh  Kabupaten  Pemalang?”.  Sedangkan  tujuan  dalam  penelitian  ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri siswa terhadap hasil belajar IPS kelas V di SDN Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitan ini yaitu siswa kelas V SDN di Gugus Sultan Agung Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang yang berjumlah 186 dengan sampel   75   siswa.   Teknik   pengambilan   sampel   dilakukan   dengan   cara proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi dan koefisien determinasi.
Hasil perhitungan analisis data, diperoleh hasil rhitung = 0,314 dengan signifikansi 0,05 dan rtabel = 0,227. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rhitung > rtabel (0,314 > 0,227) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konsep diri memiliki hubungan dengan hasil belajar IPS siswa kelas V. Besarnya hubungan konsep diri terhadap hasil belajar IPS sebesar 10%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar IPS yang tergolong rendah. Saran untuk guru, guru harus mengembangkan upaya belajar dan  membantu  siswa memahami dan menerima dirinya sendiri. Untuk sekolah diharapkan dapat memberikan informasi kepada guru untuk meningkatkan mutu poendidikan.

Kata kunci: konsep diri, hasil belajar, IPS
File Selengkapnya.....


216. Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 216. Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang.




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



216. Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang.


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "216. Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi