217. Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Materi Seni Rupa Murni Kelas Iv Sd

ABSTRAK

Tingkat berfikir siswa kelas IV SD yang masih berada pada tahap operasional kongkrit, menjadikan siswa belum mampu memahami materi yang bersifat abstrak. Oleh sebab itu, diperlukan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami materi dan meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media buku pop-up. Media ini berbentuk buku yang berisi tentang materi yang akan dipelajari, namun buku ini disajikan dengan bentuk yang lebih inovatif, sehingga mampu membuat pembaca fokus pada buku yang sedang dibaca. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan media buku pop-up terhadap minat dan hasil belajar siswa materi seni rupa murni kelas IV SD Negeri 1 Jombor Kabupaten Temanggung.
Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan populasi 41 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh, atau  seluruh populasi penelitian adalah sampel penelitian, dengan jumlah sampel untuk kelas eksperimen sebanyak 21 siswa dan 20 siswa merupakan sampel dari kelas kontrol. Variabel penelitian dalam penelitian ini sebanyak tiga variabel, yaitu media pembelajaran buku pop-up, minat dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket.Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis statistik. Analisis statistik data dilakukan dengan menggunakan Statistic Product and Service Solution (SPSS) versi 21, diantaranya adalah penghitungan validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam uji hipotesis perbedaan minat belajar siswa menggunakan   Independent   Sample   T   Test   diperoleh,   nilai 2,553 > 2.023 (thitung  > ttabel) dengan signifikansi 0,015 > 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan   one sample t-test dengan nilai thitung  (3,874) > ttabel (2,086) dengan signifikansi 0,001 > 0,05. Sedangkan hasil penelitian uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa, diperoleh nilai thitung (2,824) > ttabel (2,023) dengan signifikansi 0,007 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan diperoleh thitung  (4,367) > ttabel (2,086)  serta  signifikansi  sebesar  0,000.  Jadi  dapat  disimpulkan  bahwa terdapat perbedaan minat dan hasil belajar siswa antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan media buku pop-up dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan buku pop-up. Selain itu,  media buku pop- up efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV materi seni rupa murni.

Kata Kunci: hasil belajar; media pembelajaran buku pop-up; minat belajar.
File Selengkapnya.....


217. Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Materi Seni Rupa Murni Kelas Iv Sd adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 217. Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Materi Seni Rupa Murni Kelas Iv Sd




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



217. Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Materi Seni Rupa Murni Kelas Iv Sd


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "217. Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Materi Seni Rupa Murni Kelas Iv Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi