218. Keefektifan Model Pembelajaran Circ Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Membaca Intensif Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pakunden

ABSTRAK

Penyampaian materi yang disampaikan guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, agar pelaksanaan pembelajaran lebih menyenangkan, efektif dan dapat mengaktifkan siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat dijadikan alternatif yang dapat mendorong siswa aktif belajar  secara  berkelompok  dalam  proses  pembelajaran.  Tujuan  penelitian  ini yaitu menguji  keefektifan  model  pembelajaran  kooperatif  tipe CIRC  terhadap aktivitas   dan   hasil belajar   siswa   antara   kelas   yang   menerapkan   model pembelajaran  CIRC  dengan  kelas  yang menerapkan  model  pembelajaran  TPS pada materi membaca intensif di kelas IV.
Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk  Nonequivalent Control  Group  Design.  Populasi  dalam  penelitian  ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pakunden Kabupaten Banyumas, kelas IV yang berjumlah 52 siswa yangg terdiri dari kelas IV A dan IV B. Sementara itu sampel penelitian menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Instrumen penelitian menggunakan dokumentasi, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas data, dan analisis akhir. Analisis akhir atau pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent samples t test dan one sample t test.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil uji hipotesis aktivitas belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa, thitung sebesar 3,661 dan ttabel  sebesar 2,009. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perhitungan keefektifan menggunakan rumus one sample t test menunjukkan bahwa, thitung sebesar  -5,094  dan  ttabel   sebesar  2,056.  Hasil  pengujian  menunjukkan  bahwa-thitung < -ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji hipotesis untuk hasil belajar  siswa menggunakan  rumus  independent  samples  t  test  menunjukkan bahwa, thitung sebesar 2,119 dan ttabel sebesar 2,009. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perhitungan keefektifan menggunakan rumus one sample t test menunjukkan bahwa, thitung sebesar -3,311 dan ttabel sebesar 2,056. Hasil pengujian menunjukkan bahwa -thitung < -ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih efektif pada aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV materi membaca intensif.

Kata   Kunci:   Model   pembelajaran,   Cooperative   Integrated   Reading   and Composition (CIRC), aktivitas, hasil belajar.


218. Keefektifan Model Pembelajaran Circ Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Membaca Intensif Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pakunden adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 218. Keefektifan Model Pembelajaran Circ Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Membaca Intensif Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pakunden




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



218. Keefektifan Model Pembelajaran Circ Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Membaca Intensif Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pakunden


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "218. Keefektifan Model Pembelajaran Circ Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Membaca Intensif Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pakunden"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi