225. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Di Sdn Gugus Mawardi Kendal.

ABSTRAK

Berdasarkan observasi awal di di kelas IV SDN 4 Krajankulon dan SDN 2 Kutoharjo , diketahui bahwa guru dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran ceramah bervariasi. Data dokumen hasil belajar IPS di kedua kelas masih  dibawah  KKM  (70).  Di  SDN  4  Krajankulon jumlah  siswa  yang memperoleh nilai ≥ 70 adalah 11 dari 45 siswa, dengan ketuntasan klasikalnya
24,44 %. Sedangkan di SDN 2 Kutoharjo jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 adalah 14 dari 48 siswa, dengan ketuntasan klasikalnya 29,16 %.
Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental Research dengan desain Nonequivalent Kontrol Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 4 Krajankulon dan SDN 2 Kutoharjo yang berjumlah 93. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan aktivitas siswa menggunakan angket lembar observasi aktivitas siswa.
Hasil data aktivitas belajar dibandingkan berdasarkan kriteria, data hasil belajar dianalisis dengan uji gain dan uji t, serta pengaruh aktivitas model embelajaran terhadap hasil belajar dianalisis dengan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian aktivitas siswa di kelas eksperimen memperoleh skor berturut- turut 30 dan 38 dengan kriteria baik dan sangat baik. Sedangkan di kelas kontrol memperoleh skor berturut-turut 11 dan 15 dengan kriteria kurang dan cukup. Mean posttest kelas eksperimen sebesar 73,87, sedangkan mean posttest kelas kontrol sebesar 67. Indeks gain kelas eksperimen sebesar 0,41 (sedang) sedangkan kelas kontrol sebesar 0,29 (rendah). Hasil uji t menunjukkan nilai thitung  (3,184) > ttabel  (2.020) berarti bahwa model CIRC berpengaruh terhadap hasil belajar IPS dan nilai Sig. (2-tailed)< 0,05 yaitu 0,002. Hasil uji regresi linier sederhana,  pada  tabel  Coefficients,  dihasilkan  nilai  sig  =  0,000  <  0,05,  yang artinya model CIRC secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar. Sedangkan pada tabel Model Summary Nilai R Square = 0,944, sehingga dapat diketahui bahwa pengaruh model CIRC terhadap aktivitas dan hasil belajar adalah 94,4%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran CIRC  berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Gugus Mawardi Kendal.

Kata kunci : aktivitas belajar; ceramah bervariasi; CIRC; hasil belajar; IPS.


225. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Di Sdn Gugus Mawardi Kendal. adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 225. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Di Sdn Gugus Mawardi Kendal.




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



225. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Di Sdn Gugus Mawardi Kendal.


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "225. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Di Sdn Gugus Mawardi Kendal."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi