226. Persepsi Siswa Mengenai Implementasi Penilaian Berbasis Kelas Dalam Pembelajaran Ips Kelas V Sd Di Kecamatan Patean

ABSTRAK

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 104 tahun 2014 pasal 2 tentang penilaian hasil belajar menyebutkan bahwa Penilaian Hasil Belajar (berbasis kelas) oleh Pendidik dilaksanakan dalam bentuk penilaian Autentik dan non-autentik. Hasil observasi di sekolah diperoleh data di beberapa SD di kecamatan Patean Kabupaten Kendal bahwa guru telah berupaya melaksanakan implementasi penilaian kelas  saat pembelajaran IPS. Dengan kenyataan ini peneliti tertarik untuk mengetahui persepsi siswa mengenai implementasi penilaian berbasis kelas maka diperoleh rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Persepsi Siswa Tentang Implementasi Penilaian berbasis kelas   dalam Pembelajran IPS kelas V di SD se Kecamatan Patean Kabupaten Kendal?” serta tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan persepsi siswa mengenai implementasi penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran IPS kelas V di sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Kecamatan Patean Kabupaten Kendal. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik two stage cluster sampling dengan jumlah sampel 114 siswa.. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum rata-rata persepsi siswa mengenai implementasi penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran IPS kelas V SD adalah  140  dengan kategori  sangat  baik.  Secara  khusus  hasil  penelitian  dirinci menjadi beberapa indikator diantaranya adalah: 1) Indikator persepsi siswa tentang guru dalam mengimplementasi prinsip penilaian kelas memperoleh rata-rata 18; 2) Indikator  persepsi  siswa  tentang  guru  dalam mengimplementasi  teknik  penilaian kelas memperoleh rata-rata 28; 3) Indikator persepsi siswa tentang guru dalam penggunaan alat penilaian berbasis kelas memperoleh rata-rata 34; 4) Indikator persepsi siswa tentang guru dalam pelaksanaan program remedial memperoleh rata- rata 37; 5) Indikator persepsi siswa tentang guru dalam pelakasanaan program pengayaan memperoleh rata-rata 21. Kelima indikator tersebut mendapat kategori sangat baik.
Simpulan penelitian ini adalah implementasi penilaian berbasis kelas pada pembelajaran IPS kelas V SD di Kecamatan Patean Kabupaten Kendal oleh guru sudah dilaksanakan dengan sangat baik. Sebaiknya guru terus konsisten dalam mengimplementasikan penilaian berbasis kelas di sekolah pada saat KBM.

Kata kunci : implementasi, penilaian kelas, IPS.
File Selengkapnya.....


226. Persepsi Siswa Mengenai Implementasi Penilaian Berbasis Kelas Dalam Pembelajaran Ips Kelas V Sd Di Kecamatan Patean adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 226. Persepsi Siswa Mengenai Implementasi Penilaian Berbasis Kelas Dalam Pembelajaran Ips Kelas V Sd Di Kecamatan Patean




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



226. Persepsi Siswa Mengenai Implementasi Penilaian Berbasis Kelas Dalam Pembelajaran Ips Kelas V Sd Di Kecamatan Patean


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "226. Persepsi Siswa Mengenai Implementasi Penilaian Berbasis Kelas Dalam Pembelajaran Ips Kelas V Sd Di Kecamatan Patean"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi