228. Keefektifan Model Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sdn Gugus Ra Kartini

ABSTRAK

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang dirancang untuk membentuk peserta didik yang cerdas, terampil, barkarakter, serta memahami  hak-hak  dan  kewajibannya sehingga dapat  menjadi  warga  Negara yang baik dan bertanggung jawab. Berdasarkan pra penelitian di kelas IV SDN Gugus RA Kartini telah ditemukan data berupa kemampuan berpikir kritis siswa kurang dan dalam proses pembelajaran belum menggunakan model yang sesuai dalam mata pelajaran PKn, sehingga hasil belajar PKn kelas IV masih rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model TGT lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV SDN Gugus RA Kartini, bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn materi globalisasi dengan model TGT di kelas IV SDN Gugus  RA  Kartini.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui keefektifan  model  TGT  bila dibandingkan  dengan  metode ceramah dan  tanya jawab terhadap hasil belajar PKn materi Globalisasi siswa kelas IV SDN Gugus RA Kartini, untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn materi globalisasi dengan model TGT kelas IV SDN Gugus RA Kartini.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah SDN Gugus RA Kartini dengan sampel penelitian adalah kelas IV SDN Bumiharjo 02 sebagai kelas eksperimen dan SDN Serut sadang sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini berupa model TGT dan hasil belajar PKn materi Globalisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata- rata, dan uji gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model TGT efektif digunakan pada pembelajaran PKn materi globalisasi. Dibuktikan dengan uji perbedaan rata-rata posttest kelas eksperimen pada thitung > ttabel, yaitu 2,068 > 2,021, sedangkan pada kelas kontrol adalah 2,133 > 2,2021. Sehingga didapat kesimpulan Ha diterima yaitu, model TGT lebih efektif dibandingkan metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Gugus RA Kartini.
Simpulan penelitian ini adalah model TGT efektif digunakan pada pembelajaran PKn karena adanya peningkatan hasil belajar siswa. Saran pada penelitian  selanjutnya  dapat  diterapkan  model TGT  pada  pembelajaran  PKn karena   pembelajarannya   mengajak   siswa   belajar   sambil bermain   dengan memperbaiki langkah pembelajaran.

Kata kunci: Hasil Belajar; PKn; Teams Games Tournament.
File Selengkapnya.....


228. Keefektifan Model Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sdn Gugus Ra Kartini adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 228. Keefektifan Model Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sdn Gugus Ra Kartini




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



228. Keefektifan Model Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sdn Gugus Ra Kartini


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "228. Keefektifan Model Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sdn Gugus Ra Kartini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi