75. Pengembangan Media Bola Tangkup Untuk Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunanetra

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media bola tangkup dan menguji efektifitas media bola tangkup untuk stimulasi kemampuan motorik kasar anak tunanetra. Metode yang dipakai metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan), tapi lebih difokuskan pada pengembangan model prosedural oleh Borg & Gall yang sudah disederhanakan. Tahap  pengembangan  dalam  penelitian  ini  diawali  dengan  analisis  potensi masalah, analisis kebutuhan, desain produk, validasi desain dan setelah itu diterapkan kemudian dilakukan tes kemampuan motorik kasar anak. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif untuk analisis kebutuhan dan deskriptif persentase untuk hasil validasi ahli dan uji coba produk. Hasil validasi desain menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi uji kelayakan ahli media dan ahli anak berkebutuhan khusus dan dapat digunakan untuk media pembelajaran  stimulasi  motorik kasar.  Hasil  validasi  ahli  media  menyatakan sangat  setuju  dengan  persentase  81,12%  dan  ahli anak  berkebutuhan  khusus sangat setuju dengan presentase 90,59%.
Pengembangan media bola dilakukan pada; 1) bahan bola menggunakan bola plastik dengan dilapisi spon ati, tujuan untuk keamanan penggunaan bola dan karakteristik anak low vision yang masih mampu melihat warna-warna terang; 2) bola dapat dibuka dan bertangkup, dengan tujuan bola dapat digunakan untuk salah satu tahap pengenalan huruf braille dengan biji-bijian yang menarik dan tetap dapat digunakan seperti bola pada umumnya. 3) benda bunyi pada bola tangkup dapat diganti biji-bijian.
Hasil uji coba produk menunjukkan kemampuan awal menggunakan bola bunyi  rata-rata presentase  39,58%  dan  kemampuan  setelah  perlakuan menggunakan bola tangkup rata-rata presentase 73,21%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bola tangkup lebih efektif dibandingkan menggunakan bola bunyi. Selain itu media bola tangkup dapat digunakan sebagai tahap pengenalan huruf braille menggunakan biji-bijian yang lebih menarik dan menyenangkan untuk anak tunanetra. Perlu diadakan penelitian uji coba luas guna menyempurnakan pengembangan media bola tangkup yang lebih berkualitas.

Kata  Kunci:  Pengembangan  Media  Pembelajaran,  Motorik  Kasar,  Anak Tunanetra
File Selengkapnya.....


75. Pengembangan Media Bola Tangkup Untuk Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunanetra adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 75. Pengembangan Media Bola Tangkup Untuk Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunanetra




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



75. Pengembangan Media Bola Tangkup Untuk Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunanetra


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "75. Pengembangan Media Bola Tangkup Untuk Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunanetra"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi