87. Studi Deskriptif Penerapan Pendidikan Karakter Di Sentra Main Peran Paud Anak Cerdas Ungaran.

ABSTRAK

Karakter  merupakan  hal  yang  penting  dan  mendasar  bagi  kehidupan manusia. Karakter telah melekat pada diri manusia dan ditunjukan dalam perilaku sehari-hari. Sejak lahir, manusia memiliki potensi karakter yang ditunjukan melalui kemampuan kognitif, motorik, sosial, moral dan agama dan bahasa. Sifat bawaan yang dimiliki manusia dapat berkembang dengan baik ketika manusia belajar dari lingkungannya. Salah satu cara mengenalkan dan menerapkan karakter pada anak yaitu melalui kegiatan bermain peran yang dilaksanakan di lembaga pendidikan anak usia dini. Karena dengan bermain peran anak mampu mengeksplor pengalaman yang pernah ia alami dikehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter di sentra main peran yang ada di PAUD Anak Cerdas Ungaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan   deskriptif dan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di sentra main peran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter di sentra main peran dimulai dari kegiatan perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan pendidikan karakter yang akan diterapkan. Pada pelaksanaan, yaitu melihat knowing feeling; menggali, memberi dan menerapkan pengetahuan karakter kepada anak dan acting   feeling   yaitu   melihat   hasil  penerapan karakter   yang   diterapkan   hari sebelumnya, apakah anak akan memunculkan perilaku yang telah diterapakan atau belum. Sedangkan secara informal dapat berbentuk keteladanan, pengawasan pembelajaran dari awal hingga akhir, reward dan apresiasi. Simpulan dari penelitian yaitu pelaksanaan pendidikan karakter di sentra main peran tidak terpaut dengan karakter yang diajarkan pada satu tema saja namun semua karakter dapat diajarkan, karena setiap aspek karakter dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain peran sesuai dengan peran yang anak mainkan. Sedangkan untuk meningkatkan perkembangan anak makan orangtua diharapkan dapat menjalin komunikasi dengan guru maupun dengan kepala sekolah, sehingga orangtua dapat mengetahui perkembangan anaknya disekolah.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Sentra Main Peran
File Selengkapnya.....


87. Studi Deskriptif Penerapan Pendidikan Karakter Di Sentra Main Peran Paud Anak Cerdas Ungaran. adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 87. Studi Deskriptif Penerapan Pendidikan Karakter Di Sentra Main Peran Paud Anak Cerdas Ungaran.




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



87. Studi Deskriptif Penerapan Pendidikan Karakter Di Sentra Main Peran Paud Anak Cerdas Ungaran.


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "87. Studi Deskriptif Penerapan Pendidikan Karakter Di Sentra Main Peran Paud Anak Cerdas Ungaran."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi