10. Pangobati Batak (Studi Kasus Penyembuh Inang Hotang di Desa Janji Hutanapa, Kecamatan Parlilitan)

ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai cara pengobatan yang dilakukan Pangobati Batak Inang Hotang. Lingkungan masyarakat dan manusia selalu mengalami perubahan sehingga pengobatan yang dilakukan masyarakat terus berkembang dan mengalami perubahan. Perubahan pengobatan yang terjadi di dalam masyarakat semakin banyak dan beragam pula sehingga membuat masyarakat bebas memilih melakukan cara penyembuhan terhadap penyakit yang dialaminya.
Dalam melakukan penyembuhan penyakit hadir Pangobati Batak Inang Hotang, yang dalam praktiknya tidak menggunakan tenaga medis dalam menyembuhkan setiap pasien. Tidak berbekal ilmu kedokteran dalam melakukan pengobatan, Inang Hotang dipercaya masyarakat di desanya untuk menyembuhan penyakit dan dipanggil dengan sebutan datu atau pangobati.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat etnografi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan informan serta turut dalam beberapa kali membantu persiapan pengobatan di rumah sang pangobati.

Kata   kunci:  Pangobati  Batak,  Penyembuh  Inang  Hotang,   Desa  Janji Hutanapa.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

10. Pangobati Batak (Studi Kasus Penyembuh Inang Hotang di Desa Janji Hutanapa, Kecamatan Parlilitan) adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "10. Pangobati Batak (Studi Kasus Penyembuh Inang Hotang di Desa Janji Hutanapa, Kecamatan Parlilitan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel