12. Pelaksanaan metode seft total solution dalam menangani trauma remaja korban perkosaan

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang mendalam tentang pelaksanaan metode SEFT Total Solution dalam menangani trauma remaja korban perkosaan di Yayasan As Samawat Semarang dan menganalisis bimbingan dan konseling Islam dalam menangani trauma remaja korban perkosaan di Yayasan As Samawat Semarang. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi khasanah ilmu terutama bagi jurusan bimbingan dan penyuluhan Islam dalam memberikan gambaran  yang  jelas  mengenai  pelaksanaan  metode SEFT Total Solution dalam menangani trauma remaja korban perkosaan.   Kegunaan   bagi   Yayasan   As   Samawat   yaitu   dapat digunakan  dalam  upaya  peningkatan  penanganan  trauma  remaja korban perkosaan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Yayasan As Samawat, dengan fokus penelitian pada  remaja  korban  perkosaan.  Sumber  data dalam penelitian ini adalah staf, dan konselor di Yayasan As Samawat dan dokumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber tertulis yang berupa buku, sumber arsip, dokumen resmi di Yayasan As Samawat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yayasan As Samawat dalam menangani trauma remaja korban perkosaan dengan beberapa tahapan, tahap   pertama   adalah   melakukan   diagnosa   atau memperhatikan masalah  klien,  kedua,  mensucikan  jiwa  atau  minta  ampun  kepada Allah  SWT atas  segala  dosa  yang  dilakukan,  ketiga,  mendoakan sesuai dengan tujuan, keempat, pemberian nasihat, kelima Eksekusi dengan lembut atau melakukan tapping. Proses pelaksanaan metode SEFT Total Solution dalam menangani trauma remaja korban perkosaan di Yayasan As Samawat Semarang adalah suatu kegiatan bimbingan  yang  dilakukan  oleh  konselor  yang  diberikan  kepada korban dan keluarga korban. Keberadaan konselor sangat membantu  klien untuk membantu mengembalikan kondisi psikologisnya kepada kondisi yang lebih baik, hal ini merupakan salah satu bentuk upaya penyembuhan secara holistik. Hasil bimbingan dan konseling Islam dalam menangani trauma remaja korban perkosaan di Yayasan  As Samawat Semarang menggunakan metode langsung dengan penalaran logis yaitu berdialog dengan akal dan perasaan dimana pembimbing berdialog  langsung kepada  klien  secara  tatap  muka.  Pembimbing dalam memberikan layanan, harus memahami kondisi klien, menjalin hubungan baik, dan saling percaya. Bimbingan dan konseling Islam suatu rangkaian kegiatan penyampaian atau pemberian nasehat yang Islami oleh pembimbing atau konselor. Materi yang disampaikan berkisar pada pemahaman akidah, akhlak dan ibadah. Dalam materi akidah yang disampaikan berkisar tentang keimanan dan ketaqwaan. Materi akhlak yang disampaikan meliputi sifat ikhlas, sabar, bertawakal, dan ikhtiar. Sedang materi ibadah yang disampaikan meliputi ibadah sholat dan dzikir. Materi-materi itu disampaikan dengan nasehat secara langsung kepada klien dengan berdialog, tanya jawab, dan dengan persuasif.

Kata kunci: Metode SEFT Total Solution, Trauma Remaja Korban Perkosaan,   Bimbingan   dan   Konseling   Islam,   dan   Yayasan   As Samawat Semarang. 
File Selengkapnya.....


12. Pelaksanaan metode seft total solution dalam menangani trauma remaja korban perkosaan adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 12. Pelaksanaan metode seft total solution dalam menangani trauma remaja korban perkosaan




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



12. Pelaksanaan metode seft total solution dalam menangani trauma remaja korban perkosaan


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "12. Pelaksanaan metode seft total solution dalam menangani trauma remaja korban perkosaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi