14. Peranan bimbingan agama Islam dalam meningkatkan motivasi ibadah shalat eks psikotik di Balai Rehabilitasi

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bimbingan agama Islam diperlukan agar dalam pelaksanaan ibadah shalat dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan tuntunan yang di ajarkan agama. Dalam hal ini, pembimbing  agama  memiliki  peranan  yang  sangat  penting  sekali dalam mengarahkan, memberi jalan atau menuntun orang lain kearah yang  telah  di  ajarakan  oleh agama. Para  penerima  manfaat  yang berada di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Psikotik Ngudi Rahayu Kendal sangat memerlukan bimbingan dalam memahami, melaksanakan atau mempraktekan   ibadah shalat atau   ibadah   lainnya.   Tujuan   dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bimbingan agama Islam eks psikotik di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Psikotik Ngudi Rahayu Kendal dan untuk mendeskripsikan peranan bimbingan agama Islam dalam meningkatkan motivasi ibadah shalat eks psikotik di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Psikotik Ngudi Rahayu Kendal.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer merupakan data utama yang diperoleh langsung dari lapangan. Dalam penelitian ini sumber data primer berupa hasil wawancara dengan pembimbing agama Islam dan penerima manfaat. Sedangkan sumber data sekunder yaitu laporan, jurnal dan buku yang mendukung  penelitian.  Teknik  pengumpulan  data yang  dilakukan dengan  cara  melakukan  observasi,  wawancara  dan  dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Bimbingan agama Islam eks psiktoik  di  Balai  Rehabilitasi Sosial Eks Psikotik  Ngudi  Rahayu Kendal dapat dilihat dari berbagai aspek yaitu: waktu pelaksanaan, dilaksanakan setiap hari oleh petugas Balai dan setiap hari Rabu oleh petugas dari luar Balai; pembimbing agama Islam terdiri dari satu orang yang profesional  dan menguasai berbagai ilmu agama; sasaran bimbingan agama Islam adalah penerima manfaat yang bisa diajak untuk berkomunikasi secara normal, beragama Islam, sehat secara jasmani, dan sudah mengikuti tahapan-tahapan program rehabilitasi dengan hasil yang baik; tujuan bimbingan agama Islam untuk membantu penerima manfaat mewujudkan dirinya menjadi manusia seutuhnya agar mencapai kebahagiaan di akhirat;  materi bimbingan yang diberikan terdiri dari materi Aqidah, syariah, dan akhlak; metode bimbingan   secara langsung melalui bimbingan individu, ceramah (kelompok, tanya jawab, nasehat). 2) Peranan bimbingan agama Islam di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Psikotik Ngudi Rahayu Kendal memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan motivasi ibadah shalat para penerima manfaat. Melalui bimbingan tersebut, penerima manfaat mengakui mengalami perubahan positif dalam meningkatkan motivasi ibadah shalatnya. Penerima manfaat yang menjadi subjek penelitian terlihat memiliki motivasi yang semakin positif, maksudnya adalah mereka yang sebelumnya tidak memiliki motivasi ibadah shalat menjadi motivasinya meningkatkan.

Kata kunci:     Peranan  Bimbingan  Agama  Islam,  Motivasi  Ibadah Shalat, dan Eks Psikotik
File Selengkapnya.....


14. Peranan bimbingan agama Islam dalam meningkatkan motivasi ibadah shalat eks psikotik di Balai Rehabilitasi adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 14. Peranan bimbingan agama Islam dalam meningkatkan motivasi ibadah shalat eks psikotik di Balai Rehabilitasi




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



14. Peranan bimbingan agama Islam dalam meningkatkan motivasi ibadah shalat eks psikotik di Balai Rehabilitasi


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "14. Peranan bimbingan agama Islam dalam meningkatkan motivasi ibadah shalat eks psikotik di Balai Rehabilitasi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi