17. Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Adobe Flash Cs5 Pada Keterampilan Menulis Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas Viii

ABSTRAK

Permasalahan siswa yang merasa kesulitan dalam pembelajaran menulis yang disebabkan oleh tidak adanya media pembelajaran sehingga mengurangi kreatifitas siswa dan karakteristik media game yang kompetitif dan di dapat mengasah kretifitas. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah game edukasi sebagai media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam belajar.Ada beberapa kelebihan dari game edukasi dibandingkan dengan metode konvensional. Salah satu kelebihan utama game edukasi adalah pada visualisasi permasalahan nyata.
Tujuan  penelitian  ini  yaitu:  (1) mengetahui  kebutuhan  guru  dan  siswa terhadap game edukasi berbasis Adobe Flash CS5 untuk keterampilan menulis bahasa  Arab,  (2)  mendiskripsikan gambaran  prototipegame  edukasi  berbasis Adobe Flash CS5, (3) mengetahui validitas ahli dan guru terhadap produk game edukasi berbasis Adobe Flash CS5, dan (4) mengetahui efektifitas game edukasi berbasis Adobe Flash CS5 untuk keterampilan menulis bahasa Arab dengan kelas uji coba adalah kelas VIII MTs Negeri Slawi.
Desain penelitian ini adalah research and development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes berupa soal tes untuk siswa berdasarkan materi yang sudah diajarkan. Alat data non tes yang digunakan berupa wawancara, observasi siswa terhadap kecepatan pemahaman, kreativitas, dan hasil belajar, serta angket kebutuhan guru dan siswa, angket uji validitas ahli terhadap media game edukasi berbasis Adobe Flash CS5 dan dokumentasi foto.
Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan guru dan siswa menghendaki sebuah media game edukasi yang memuat enam kompunen utama yaitu SK dan KD, Kosakata, Bacaan, Tata Bahasa, Evaluasi, dan Profil. Pada game ini terdiri empat tema, yaitu profesi, hobi, aktifitas di rumah, dan menjenguk orang sakit. Evaluasi terdiri dari permainan berupa permainan kata dalam bentuk puzzle game dan terdiri dari tiga level untuk masing-masing tema. Penilaian ahli media dan ahli materi menujukkan hasil kesesuaian pada aspek rekayasa perangkat lunak, komunikatif, visual, audio, kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kontekstual.Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian   hasil   uji   hipotesis   pihak   kanan   yang dihasilkan   dari   nilai   siswa mengerjakan  soal tes menunjukkan t hitung 18,237 dan hasil penilaian siswa melalui   angket   menujukkan   t   hitung   19,841.   Semuanya   jatuh   di   daerah penerimaan Ha,  sehingga  Ha  diterima.  Adapun  t  tabel  1,711  jatuh  pada penerimaan Ho, sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.

Kata  kunci:  Pengembangan Game Edukasi,  Adobe Flash CS5, dan Keterampilan Menulis
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

17. Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Adobe Flash Cs5 Pada Keterampilan Menulis Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas Viii adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "17. Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Adobe Flash Cs5 Pada Keterampilan Menulis Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas Viii"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel