18. Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Xi

ABSTRAK

Keterampilan membaca (maharah al-qira’ah/ reading skill) adalah kemampuan  mengenali dan  memahami  isi  sesuatu  yang  tertulis  (lambang- lambang tertulis) dengan melafalkan atau mencernanya di dalam hati. Membaca hakekatnya adalah proses komunikasi antara pembaca dengan penulis melalui teks yang ditulisnya, maka secara langsung didalamnya ada hubungan kognitif antara bahasa lisan dengan bahasa tulis. Berdasarkan observasi awal di MAN Demak pada bulan November 2014 masih ditemukan sejumlah masalah dalam pembelajaran bahasa Arab. Masalah tersebut antara lain : (1) minat membaca siswa  (terutama  dalam  membaca  teks-teks  berbahasa  Arab)  masih kurang, kategori kurang dalam hal ini dapat dilihat dari respon siswa dalam pembelajaran bahasa  Arab  masih  lambat,  ketika  disodori  teks-teks  berbahasa  Arab,  siswa enggan untuk membacanya, (2) kurang bervariasinya metode pebelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, dan (3) ketika pelajaran bahasa Arab siswa merasa takut karena merasa tidak bisa. Oleh karena itu, perlu ada alternatif metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab pada siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode reading guide.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPS MAN Demak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah Metode Reading  Guide  Efektif  Terhadap  Keterampilan Membaca  Bahasa  Arab  Siswa Kelas XI IPS MAN Demak .
Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan dengan kelompok  eksperimen  yang  diberikan perlakuan.  Instrumen  yang  digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis.
Dari data tes dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen  dengan jumlah  34  siswa  setiap  kelasnya  mengalami  peningkatan. Rata-rata nilai pre-test kelas kontrol 60,74 dan rata-rata nilai post-testnya 73,00. Sedangkan rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen 65,06 dan rata-rata nilai post-testnya 81,50. Hasil tes kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode reading guide efektif terhadap keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas XI IPS MAN Demak .

Kata Kunci : metode reading guide, keterampilan membaca bahasa Arab, peningkatan
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

18. Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Xi adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "18. Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Xi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel