20. Peranan lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (Lpmd) Dalam Pembangunan Desa

ABSTRAK

Peranan adalah serangkaian perilaku yang diharapkan pada seseorang sesuai dengan posisi sosial yang diberikan baik secara formal maupun secara informal. Peranan didasarkan pada preskripsi (ketentuan) dan harapan peranan yang menerangkan apa yang individu-individu harus lakukan dalam suatu situasi tertentu agar dapat memenuhi harapan-harapan mereka sendiri atau harapan orang lain menyangkut peranan-peranan tersebut.
Dalam pembangunan desa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) merupakan mitra kerja dari pemerintah desa. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat  Desa  (LPMD)  sangat berpengaruh  terhadap  pembangunan,  oleh karena itu Kepala Desa sebagai kepala tertinggi dalam pemerintahan desa maka seharusnya Kepala Desa harus bisa bekerja sama dan menjalin hubungan yang baik dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) begitu juga dengan masyarakat.
Jenis penelitian ini kualitatif yakni memaparkan data sesuai fakta yang diperoleh apa adanya. Informan Kunci dalam penelitian ini adalah Ketua LPMD dan yang menjadi Informan Tambahan adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, Struktur LPMD, Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat dan   Masyarakat. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data primer dan skunder. Hasil wawancara dianalis  dan  dibuat  kesimpulannya  secara  sistematis.  Temuan  hasil  penelitian yaitu dari indikator Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) sebagai Fasilitator, Mediator, Motivator dan Dinamisator.
Dari analisis data yang peneliti lakukan diperoleh gambaran bahwa fungsi Lembaga Pemberdayaan  Masyarakat  Desa  (LPMD)  dalam pembangunan  desa belum berjalan dengan maksimal. Untuk itu perlu adanya perhatian yang lebih baik lagi dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) agar fungsi fasilitator dalam mensosialisasikan, mengajak, dan mengundang masyarakat untuk berpartisipasi bisa lebih baik lagi, dan diharapkan juga kepada masyarakat agar dapat berpartisipasi secara langsung dalam Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa  (LPMD)  Sisundung  Kecamatan  Angkola  Barat  KAbupaten  Tapanuli Selatan.

Kata Kunci : Peranan
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

20. Peranan lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (Lpmd) Dalam Pembangunan Desa adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "20. Peranan lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (Lpmd) Dalam Pembangunan Desa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel