24. Evaluasi Struktur Pekerjaan Pengerukan Di Dermaga Terminal Petikemas Semarang (TPKS).

ABSTRAK

Dalam  masa  pengembangan  Terminal  Petikemas  Semarang  (TPKS) saat ini, usaha-usaha pembangunan terus dilakukan. Pekerjaan pengerukan pada kolam pelabuhan dilakukan untuk menjaga agar kedalaman kolam pelabuhan sesuai dengan desain kedalaman rencana. Sebelum dilaksanakan pengerukan  kedalaman  kolam  pelabuhan  ±4  mLWS,  kemudian  setelah dikeruk kedalaman kolam pelabuhan menjadi ±9 mLWS. Oleh karena itu perlu dievaluasi dari aspek struktur supaya dapat mengetahui kemampuan struktur dermaga saat ini, dan bisa merencanakan perkuatan terhadap struktur dermaga bila diperlukan agar tetap aman.
Evaluasi yang dilakukan mencakup evaluasi geoteknik dan struktur (sebelum dan sesudah pengerukan). Dari hasil evaluasi geoteknik diketahui bahwa  tiang  pancang  mengalami  deformasi akibat  perilaku  pergerakan rayapan  tanah  akibat  pengerukan  tanah  pada  kolam  pelabuhan. Semakin dalam  pengerukan  yang  dilakukan  pada  kolam  pelabuhan  maka  semakin besar deformasi yang terjadi pada tiang pancang dermaga, namun faktor keamanan (FK) pada tanah masih aman yaitu lebih dari 1.25. Berdasarkan evaluasi struktur menggunakan program SAP2000, di ketahui bahwa setelah dilakukan pengerukan 9 m tiang pancang tidak mampu untuk menahan gaya aksial (Pu), hal ini terbukti karena Pu (3360.160 kN) lebih besar dari Pn (1413.595 kN), sehingga diperlukan perkuatan.
Tiang pancang yang digunakan pada dermaga terminal peti kemas semarang yaitu tiang pancang baja tabung tipe C50. Untuk perkuatan tiang pancang dermaga, direncanakan dengan menambahkan beton kedalam tiang pancang (CFST). Pada  tiang pancang crane,  dari kedalaman 0.00  mLWS sampai -9 mLWS diisi dengan bahan aditif untuk grouting, kemudian dari kedalaman -9 mLWS sampai - 69 mLWS diisi dengan pasir urug. Pada tiang pancang  non  crane,  dari  kedalaman 0.00  mLWS  sampai  -9  mLWS  diisi dengan bahan  aditif untuk grouting,  kemudian  dari kedalaman  -9 mLWS sampai -59 mLWS diisi dengan pasir urug. Setelah dilakukan perhitungan maka hasil Pn menggunakan CFST yaitu 12070.39 kN, sedangkan Pu yaitu 3360.160, Karena Pu < Pn maka tiang pancang aman. Dari perhitungan rencana anggaran biaya, diperlukan biaya sebesar Rp. 5.763.284.703,52 untuk melakukan perkuatan tiang pancang.

Kata kunci : dermaga, geoteknik, struktur, terminal petikemas
File Selengkapnya.....


24. Evaluasi Struktur Pekerjaan Pengerukan Di Dermaga Terminal Petikemas Semarang (TPKS). adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 24. Evaluasi Struktur Pekerjaan Pengerukan Di Dermaga Terminal Petikemas Semarang (TPKS).




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



24. Evaluasi Struktur Pekerjaan Pengerukan Di Dermaga Terminal Petikemas Semarang (TPKS).


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "24. Evaluasi Struktur Pekerjaan Pengerukan Di Dermaga Terminal Petikemas Semarang (TPKS)."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi