25. Dampak Penerapan E-Filing Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi)

ABSTRAK

Pengguna e-filing di sumatera utara relatif rendah walaupun realisasinya sudah mencapai target yang diberikan direktorat jenderal pajak. Sesuai dengan Peraturan Jenderal Pajak PER-1/PJ/2014, e-filing merupakan suatu cara penyampaian  surat  pemberitahuan  tahunan  secara elektronik  yang  dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website direktorat jenderal pajak (www.pajak.go.id) atau penyedia jasa aplikasi atau application service provider (ASP). Tujuan dari adanya program e-filing adalah membantu wajib pajak menyediakan   fasilitas penyampaian   surat   pemberitahuan   tahunan   secara elektronik (via internet) dengan mudah, cepat, aman, kapan saja dan dimana saja agar mendorong wajib pajak untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif dan model evaluasi Single Program After-Only. Informan penelitian yaitu Kepala Seksi Pengolahan Data dan Informasi KPP Pratama Lubuk Pakam sebagai informan kunci. Sementara itu, pegawai pajak (account representative) KPP Pratama Lubuk Pakam merupakan informan utama penelitian. Dan wajib pajak sebagai informan tambahan.
Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  pada  tahun  2014  e-filing terlaksana dengan baik. E-filing memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pelayanan perpajakan yaitu penggunaannya sudah disesuaikan dengan smartphone. Oleh karenanya, sebaiknya program ini tetap dilanjutkan dan perlu diperluas cakupannya serta harus ada pemeliharaan bersama. Akan tetapi, dalam hal kepatuhan wajib pajak yaitu penyampaian surat pemberitahuan tahunan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Lubuk Pakam dampak adanya e-filing belum dirasakan besar. Hal tersebut dikarenakan masih banyak wajib pajak yang belum paham internet.

Kata Kunci: Evaluasi Dampak, E-Filing, Kepatuhan Wajib Pajak, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Lubuk Pakam
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

25. Dampak Penerapan E-Filing Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi) adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "25. Dampak Penerapan E-Filing Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel