25. Internasional antara anggota Organisasi ekstra kampus

ABSTRAK

Interaksi sosial merupakan proses sosial yang terjadi antara individu dengan individu yang lain, individu dengan kelompok atau pun antarkelompok. Interaksi sosial terdiri atas dua sifat, yaitu interaksi sosial asosiatif dan interaksi sosial disosiatif. Adapun yang bersifat asosiatif yaitu kerja sama, akomodasi, dan asimilasi. Sedangkan yang bersifat disosiatif berupa persaingan, kontravensi, dan pertentangan. Oleh karena itu, di dalam setiap organisasi memiliki sifat-sifat interaksi sosial tersebut yang menginginkan pengakuan di lingkungannya. Dan mahasiswa sebagai bagian dari gerakan dan organisasi sosial yang merupakan suatu fenomena yang telah terbukti sejak masa sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, menarik untuk melihat bagaimana pola interaksi yang terjadi antarsesama mahasiswa yang berlatar belakang organisasi yang berbeda.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana interaksi sosial antara anggota organisasi ekstra di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu organisasi HMI dan PMII. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, kemudian memakai studi kasus dengan bentuk intrinsik dan pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi terhadap informan untuk memahami permasalahan yang terjadi antara kedua organisasi ini. Seperti ideologi yang membuat dua belah pihak ini saling menonjolkan eksistensitas organisasi di dalam maupun di luar kampus. Penyebab antara kedua organisasi selalu bertikai atau konflik karena adanya kepentingan individu atau kelompok yang merugikan kelompok yang lain dan tidak mengikuti aturan yang berlaku atau kode etik keorganisasian sehingga memungkinkan terjadinya suatu konflik di lingkungan tersebut. Dan adakalanya kedua organisasi ini bekerjasama untuk kepentingan kemaslahatan umat bersama, seperti aksi menentang kebijakan kampus atau pun kebijakan pemerintahan, diskusi publik dan kegiatan yang diselenggarakan di dalam kampus yang secara umum untuk para mahasiswa. Dan pemilihan informan utama diambil dengan teknik purposive sampling. Pemilihan ini jika memiliki pertimbangan-pertimbangan tertentu dalam pengambilan sampelnya, peneliti mengambil sampel melalui orang-orang yang memiliki wawasan dan berkompeten dalam bidangnya untuk pengambilan data. Dan jika sudah terjadi pengulangan maka pemilihan berakhir, subjeknya masing-masing berjumlah 10 orang dari setiap jumlah pengurus dan anggota yang ada di dalam organisasi HMI dan PMII.
Kesimpulan dari hasil yang terjadi di dalam organisasi besar seperti HMI dan PMII yang memiliki ideologi berbeda, membuat mereka selalu ingin bersaing untuk mendapatkan kedudukan atau tempat yaitu kekuasaan di dalam Badan Esekutif Jurusan, Fakultas, dan Universitas. Dan sebagian pula mementingkan kepentingan kelompok serta kepentingan pribadi demi eksistensitasnya, dikarena-kan adu gengsi dengan kelompok lain apabila memiliki eksistensitas yang kuat.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

25. Internasional antara anggota Organisasi ekstra kampus adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "25. Internasional antara anggota Organisasi ekstra kampus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel