27. Keefektifan Media Permainan Monopoli Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas Viii

ABSTRAK

Pada  hakekatnya  dalam  pembelajaran  bahasa  Arab  ada  empat keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Namun pada kenyataannya siswa masih mengalami banyak kesukaran dalam keterampilan tersebut. Penelitian ini mengkhususkan pada kesukaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Penyebab kesukaran siswa dalam keterampilan berbicara bahasa Arab antara lain karena mayoritas siswa berasal dari lulusan Sekolah Dasar dan karena media yang diterapkan oleh guru tidak menarik perhatian siswa, sehingga terkesan membosankan. Dengan demikian, perlu adanya alternatif media untuk mengekspresikan  diri dan    kerjasama  dengan  temannya,  salah  satunya  yaitu dengan media permainan monopoli.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keefektifan media permainan monopoli terhadap keterampilan bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang, (2) bagaimana perubahan sikap siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 semarang Tahun ajaran 2014/2015 setelah menggunakan media Permainan Monopoli terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keefektifan media permainan monopoli terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang, (2) untuk mengetahui perubahan sikap siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 semarang Tahun ajaran 2014/2015 setelah menggunakan media Permainan Monopoli terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  eksperimen  yang terdiri  dari  kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dan kelas kontrol diberi pretes dan postes hanya kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (media permainan monopoli). Data dihitung menggunakan uji validitas instrumen, reliabilitas instrument, uji normalitas dan uji t untuk membuktikan hipotesis peneliti.
Hasil   penelitian   ini   menunjukan   adanya   peningkatan   keterampilan berbicara bahasa Arab dengan memanfaatan media permainan monopoli. Nilai rata-rata kelas ekperimen 75,55 menjadi 80,15   dan niai rata-rata kelas kontrol 75,9 menjadi 77,7 dan diperoleh 3,78 dan 2,68 karena. Hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja atau alternatif (    ) yaitu media permainan monopoli efektif terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab.

Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Media Permainan Monopoli
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

27. Keefektifan Media Permainan Monopoli Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas Viii adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "27. Keefektifan Media Permainan Monopoli Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas Viii"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel