29. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Modul Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Motor Diesel.

ABSTRAK

Tujuan  dari  penelitian  tindakan  kelas  ini  adalah  untuk  meningkatkan  hasil belajar Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Diesel siswa kelas XI TO 7 SMK Cokroaminoto   2   Banjarnegara   melalui   penerapan   model   pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang dibantu dengan penggunaan modul serta untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TO SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015 sejumlah 37 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Diesel. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Pertama, penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa dengan pencapaian rata-rata nilai siklus I sebesar 61,4 menjadi sebesar 79,3 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 48,65% menjadi 81,08% pada siklus II. Kedua, peningkatan aktivitas siswa dari 64% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Berdasarkan metode pengumpulan data dokumentasi diketahui bahwa persentase ketuntasan siswa pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Diesel yaitu 45,95% siswa tuntas KKM, sedangkan yang belum tuntas KKM sebesar 54,05%. Setelah dilakukan penerapan model pembelajaran tipe Numbered Head Together berbantuan modul, hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II, yaitu 48,65% siswa tuntas pada siklus I dan 81,08% siswa tuntas pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Numbered Head Together berbantuan modul pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar   Diesel mampu   meningkatkan   hasil   belajar   siswa   kelas   XI   TO   SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara.

Kata kunci:  Numbered  Head  Together,  Modul,  Hasil  Belajar,  Pemeliharaan  Sistem Bahan Bakar Diesel
File Selengkapnya.....


29. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Modul Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Motor Diesel. adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 29. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Modul Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Motor Diesel.




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



29. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Modul Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Motor Diesel.


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "29. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Modul Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Motor Diesel."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi