34. Keputusan Pemberian Kredit Mikro Pada Pegadaian Kantor Wilayah I Cabang

ABSTRAK

Pemberian  kredit  kepada  usaha  kecil   menengah  adalah  salah  satu  cara pemerintah untuk meningkatkan kemampuan para pengusaha dalam mengembangkan usahanya. Pada tahun 2015 jumlah UMKM di Indonesia mencapai 57,9 juta pelaku usaha dengan kontribusi PDB sebesar 58,92 % dan penyerapan tenaga kerja sebesar 97,30% (berdasarkan data BPS). Pegadaian merupakan salah satu lembaga keuangan non- bank yang ikut berperan dalam  membantu  memberikan kredit kepada nasabahnya dalam sektor mikro.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian kelayakan usaha yang dilakukan pihak Pegadaian terhadap permohonan kredit yang diajukan oleh pihak nasabah sebagai syarat pengambilan keputusan pemberian kredit kepada nasabah dan untuk mengetahui bagaimana prosedur pemberian kredit kredit yang dilakukan pihak pegadaian.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif eksploratif dengan pendekatan deskriptif. Dengan menganalisis sistem penilaian kelayakan usaha dan dokumen- dokumen SOP mengenai pengambilan keputusan pemberian kredit mikro yang di terapkan oleh pihak Pegadaian.
Penilaian kelayakan yang diterapkan oleh pihak pegadaian adalah teori kredit 5c yaitu character, collateral, capacity, capital dan condition of economy. Proses penilaian kelayakan  usaha yang  dilakukan pihak  pegadaian  juga  menjadi  umur  dan  jaminan BPKB kendaraan bermotor seperti mobil, pick up dan truk sebagai tolak ukur utama dalam memberikan penilaian terhadap permohonan nasabah. Teori kredit 5c inilah yang menjadi landasan penilaian kelayakan usaha yang dilakukan pihak analis pegadaian dalam memutuskan menerima atau menolak permohonan kredit yang diajukan oleh pihak nasabah. Dan dalam prosedur pemberian kredit pihak Pegadaian memiliki sistem yang singkat dimana proses pengajuan kredit sampai pencairan dana kredit hanya memerlukan waktu 3 hari dimana proses tersebut tergolong cepat dibandingkan bank- bank konvensional lainnya.

Kata Kunci : Teori kredit 5c, Prosedur kredit, Kebijakan pengambilan keputusan kredit
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

34. Keputusan Pemberian Kredit Mikro Pada Pegadaian Kantor Wilayah I Cabang adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "34. Keputusan Pemberian Kredit Mikro Pada Pegadaian Kantor Wilayah I Cabang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel