35. Efektivitas Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat

ABSTRAK

Kesehatan merupakan kekayaan yang tidak ternilai bagi kehidupan manusia. Di Indonesia, Pembangunan kesehatan merupakan upaya untuk memenuhi salah satu hak dasar rakyat, yaitu hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 H ayat (1) dan Undang-Undang nomor 23 tahun 1992 Tentang Kesehatan. Dengan demikian Rumah Sakit merupakan ujung tombak dalam pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakt disamping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat diwilayah kerjanya. Dalam penelitian ini terdapat masalah yang mengakibatkan tidak maksimalnya pelayanan yang diberikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan standar operasional prosedur administrasi Rumah Sakit Dr. Komang Makes. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penerapan standar operasional prosedur administrasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, apa kendala yang dihadapai dan apa saja harapan-harapan masyarakat kedepannya.
Metode yang digunakan adalah metode deskritif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif bermaksud membuat penyadaran secara sistematis, faktual, dan akurat   mengenai fakta-fakta yang ada. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara yang dilakukan oleh 4 narasumber terdiri dari satu orang informan kunci dan tiga orang informan utama. Setelah data dari lapangan diperoleh kemudian diolah berdasarkan model pengolahan yang sesuai dengan karakteristik data.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa Rumah Sakit Angkatan Laut Komang Makes Belawan masih belum efektif dalam menerapkan  standar operasional prosedur  administrasi  karena  kurangnya  Sumber Daya Manusia, perlengkapan medis, dan masih belum berjalannya program secara maksimal. Hal ini dapat diketahui dari data-data yang dikumpul oleh penulis dilapangan.Adapun saran dalam penelitian ini adalah perlunya penambahan tenaga ahli medis, seperti dokter spesialis dan perawat sehingga mampu melayani seluruh komponen masyarakat, bukan hanya prajurit saja. Pihak RUMKITAL perlu penambahan pelengakapan untuk menunjang kebutuhan medis dan menjalankan program/ kegiatan secara maksimal agar pelayanan kesehatan masyarakat yang diberikan lebih berkualitas.

Kata  Kunci:  Efektivitas,  Standar  Operasional  Prosedur  Administrasi,  Kualitas Pelayanan
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

35. Efektivitas Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "35. Efektivitas Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel