36. Warna Lokal Melayu Dan Tionghoa Dalam Kumpulan Cerpen Istri Muda Dewa Dapur Karya Sunlie Thomas Alexander

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur-unsur kebudayaan yang mencerminkan warna lokal etnis Melayu dan Tionghoa di Bangka dalam kumpulan cerpen Istri Muda Dewa Dapur, (2) unsur intrinsik dalam kumpulan cerpen Istri Muda Dewa Dapur yang merefleksikan warna lokal etnis Melayu dan Tionghoa  di  Bangka,  dan  (3)  pandangan  stereotip  masyarakat  suku  Melayu Bangka terhadap masyarakat suku Tionghoa Bangka, juga sebaliknya, pandangan stereotip masyarakat suku Tionghoa Bangka terhadap masyarakat suku Melayu Bangka yang digambarkan dalam kumpulan cerpen Istri Muda Dewa Dapur.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data kumpulan cerpen Istri Muda Dewa Dapur karya Sunlie Thomas Alexander. Penelitian difokuskan pada permasalahan mengenai warna lokal yang dikaji menggunakan pendekatan sosio- kultural. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat. Analisis data dilakukan dengan kategorisasi, penabelan data, dan interpretasi. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (semantis) dan reliabilitas (intrarater).
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  (1)  warna  lokal  dalam  kumpulan cerpen   Istri   Muda   Dewa   Dapur   yang   ditunjukkan   melalui   unsur-unsur kebudayaan terdiri dari sistem kepercayaan (identitas agama, tradisi ziarah Cin Min, reinkarnasi), mata pencaharian (pertambangan dan cocok tanam lada putih), pengetahuan tentang mitos dan legenda, organisasi sosial, bahasa Melayu dan bahasa Hakka, sistem teknologi (mesin pertambangan), dan lukisan dewa-dewa dan khayangan sebagai wujud kesenian; (2) unsur intrinsik fiksi yang mencerminkan  warna  lokal  dalam  kumpulan  cerpen  Istri  Muda  Dewa  Dapur terdiri dari tema (mitos), tokoh-tokoh fiktif yang mewakili cara berpikir orang Melayu dan Tionghoa di Bangka, latar tempat (lahan eks tambang), dan latar waktu (kemunculan burung Kuwok di malam bulan mati); (3) pandangan stereotip suatu etnis kepada etnis lainnya (Melayu kepada Tionghoa dan Tionghoa kepada Melayu) terbentuk dari gesekan dan interaksi sosial yang terjadi antara dua etnis tersebut (pandangan stereotip orang Tionghoa terhadap orang Melayu yang gemar melanggar ajaran agamanya, dan pandangan stereotip orang non-Tionghoa kepada orang Tionghoa sebagai penyembah berhala).

Kata Kunci: warna lokal, unsur-unsur kebudayaan, etnis Melayu dan etnis
Tionghoa, pandangan stereotip.



Tag Favorit :

36. Warna Lokal Melayu Dan Tionghoa Dalam Kumpulan Cerpen Istri Muda Dewa Dapur Karya Sunlie Thomas Alexander adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "36. Warna Lokal Melayu Dan Tionghoa Dalam Kumpulan Cerpen Istri Muda Dewa Dapur Karya Sunlie Thomas Alexander"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel