41. Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kerjasama Pada Siswa Kelas Xi Matematika Dan Sains

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMA Negeri 1  Muntilan  yang menunjukan bahwa  pada  kelas  XI Matematika dan  Sains  2 mempunyai kemampuan komunikasi antar pribadi yang masih rendah. Melalui Bimbingan Kelompok dengan teknik Permainan Kerjasama diharapkan rendahnya komunikasi antar pribadi siswa dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan dalam meningkatkan komunikasi antar pribadi melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek Penelitian berjumlah 10 siswa terdiri dari 5 siswa yang memiliki komunikasi antar pribadi rendah, 3 siswa yang memiliki komunikasi antar pribadi sedang dan 2 siswa yang memiliki komunikasi antar pribadi berkategori tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon.
Hasil uji wilcoxon diperoleh Zhitung  = 0 dan Ttabel  = 8,0 atau berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut menunjukan komunikasi antar pribadi siswa meningkat  setelah  memperoleh perlakuan  berupa  Bimbingan  Kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama. Perbedaan tingkat komunikasi antar pribadi siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan sebesar 19%. Selain itu, siswa mengalami  perkembangan  perilaku  yang lebih  baik  dilihat  dari  meningkatnya indikator percakapan, kerjasama, saling menghormati, keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, kesamaan, arus pesan yang cenderung dua arah, konteks hubungan tatap muka, tingkat umpan balik yang tinggi, interaksi minimal dua orang dan adanya akibat baik yang disengaja maupun tidak disengaja.
Simpulan  dari  penelitian  ini  adalah  rendahnya  komunikasi  antar  pribadi siswa pada kelas XI Matematika dan Sains 2 SMA Negeri 1 Muntilan meningkat setelah mendapatkan Bimbingan kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru pembimbing dapat melaksanakan   Bimbingan  Kelompok   dengan   Teknik  Permainan Kerjasama sebagai  salah  satu  media untuk  meningkatakan  kemampuan  komunikasi  antar pribadi khususnya untuk kelas X yang masih memerlukan adaptasi di sekolah yang baru. 

Kata Kunci : bimbingan kelompok, komunikasi antar pribadi, teknik permainan kerjasama
File Selengkapnya.....


41. Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kerjasama Pada Siswa Kelas Xi Matematika Dan Sains adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 41. Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kerjasama Pada Siswa Kelas Xi Matematika Dan Sains




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



41. Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kerjasama Pada Siswa Kelas Xi Matematika Dan Sains


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "41. Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kerjasama Pada Siswa Kelas Xi Matematika Dan Sains"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi