7. Marjinalisasi Etnis Asli Studi Etnografi Tersingkirnya Etnis Simalungun Sebagai Etnis Asli Secara Fisik dan Kebudayaan di Sei Mangkei

ABSTRAK
Skripsi ini berjudul “Marginalisasi Etnis Asli (Studi Etnografi: Tersingkirnya Etnis Simalungun Sebagai Etnis Asli Secara Fisik dan Kebudayaan di Sei Mangkei Kabupaten Simalungun)”.Secara umum skripsi ini menjelaskan tentang bagaimana Etnis Simalungun dalam menyambut masuknya pendatang dari berbagai daerah ke Sei Mangkei Kabupaten Simalungun dan menjelaskan proses marginalisasi Etnis Simalungun akibat pengaruh migrasi tersebut. Dalam skripsi ini peneliti memilih Nagori Sei Mangkei sebagai lokasi penelitian untuk melihat perkembangan pembangunan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) yang semakin mempengaruhi migrasi serta peran budaya Etnis Simalungun dalam menyikapi dominasi etnis pendatang.Masyarakat Nagori Sei Mangkei dari masyarakat desa, masyarakat perkebunan, dan masyarakat karyawan KEK adalah wadah untuk memperoleh data primer dan didukung sumber-sumber kepustakaan sebagai data sekunder. Skripsi ini dibuat untuk melihat dan memahami bagaimana migrasi dominasi dari berbagai etnis pendatang seperti Jawa, Toba, Tapanuli, ataupun Karo   ke   Sei   Mangkei   Kabupaten   Simalungun   dan   juga   memperlihatkan bagaimana terjadinya marginalisasi Etnis Simalungun di Sei Mangkei Kabupaten Simalungun.

Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung disertakanwawancara langsung dengan beberapa masyarakat Etnis Simalungun dan non Simalungun yang ada di Sei Mangkei, dan beberapa tokoh- tokoh   masyarakat   Simalungun   yang   aktif   dalam organisasi   masyarakat Simalungun.   Hasil   penelitian   menunjukan   bahwa   salah   satu  penyebab marginalisasi Etnis Simalungun di Sei Mangkei adalah akibat migrasi Etnis Jawa yang  datang  untuk bekerja  sebagai  buruh  perkebunan  dan  kemudian  oleh masuknya   Etnis   Toba,   Tapanuli   dan Karo   sebagai   etnis   tetangga   yang pengaruhnya semakin kompleks di Sei Mangkei Kabupaten Simalungun. Faktor lain  yang  mempengaruhi  terjadinya  masjinalisasi  Etnis  Simalungun  di  Sei Mangkei adalah kurangnya peran budaya Simalungun, kurangnya ketegasan masyarakat Etnis Simalungun dalam menunjukan jati diri atau identitas sebagai Etnis Simalungun dan   terdapatkebiasaan-kebiasaan Etnis Simalungun yang melemahkan semangat bersaing.
Aspek yang dikaji dalam masalah ini ialah marginalisasi fisik atau jumlah, marjinalisasi budaya seperti bahasa, dialek, pengetahuan tentang kebudayaanSimalungun, dandalam aspek kedudukan atau politik.Dalam tulisan ini, menunjukkan bahwa terdapat beberapa masyarakat Etnis Simalungun yang tidak mengetahui kebudayaan Simalungun bahkan telah menghilangkan identitasnya sebagai Etnis Simalungun dengan tidak menyertakan marga dalam kehidupan sehari-harinya.Dalam penulisan skripsi ini juga terdapat perbandingan dengan menagamati beberapa daerah perbatasan Simalungun. 
Dari pengamatan peneliti terlihat bagaimana minimnya jumlah Etnis Simalungun  di beberapa daerah  perbatasan  Kabupaten  Simalungun,  seperti Parapat,  Perdagangan  dan  Serbelawan.  Hal ini mempengaruhi  interaksi  sosial Etnis Simalungun yang harus menguasai bahasa serta kebudayaan dari etnis lainnya.Kesimpulan yang bisa dicapai melalui tulisan ini adalah bahwa EtnisSimalungun sebagai Etnis asli di tanah Simalungun belum bisa menunjukkan status  sebagai  putra  putri  daerah di  tanah  Simalungun  yang  diakibatkan  oleh proses migrasi dan dominasi pendatang yang begitu pesat di Sei Mangkei, Kecamatan Bosar Maligas Kabupaten Simalungun dan kurangnya peran budaya dalam menjaga eksistensi identitas Etnis Simalungun.

Kata Kunci : Marjinaliasi, Etnisitas, Eksistensi, Identitas, Simalungun
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

7. Marjinalisasi Etnis Asli Studi Etnografi Tersingkirnya Etnis Simalungun Sebagai Etnis Asli Secara Fisik dan Kebudayaan di Sei Mangkei adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "7. Marjinalisasi Etnis Asli Studi Etnografi Tersingkirnya Etnis Simalungun Sebagai Etnis Asli Secara Fisik dan Kebudayaan di Sei Mangkei"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel