8. Al Anashir Al Bayaniyyah Min Syi'r Nizar Qabbani Fi Bab Al Quds Dirasah Balaghiyah

ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang syair Nizar Qabbani dalam bab Al-Qudsi (Palestina). Nizar Qabbani adalah seorang diplomat dan penyair kontemporer di Suriah yang lahir di Damaskus pada tanggal 21 Maret 1923. Sejal kecil, ia tumbuh dalam keluarga yang lekat dengan diskusi-diskusi politik. Ayahnya, Taufiq Qabbani adalah seorang pedagang yang sukses sekaligus aktivis kemerdekaan Suriah. Nizar meninggal di London pada tanggal 30 April 1998.
Dua hal, perempuan dan cinta, menjadi tema utama dalam karya-karya awalnya sementara semangat pemberontakan menjadi ruh yang ada dalam setiap karyanya. Namun selain percintaan, Nizar juga piawai dalam mengolah tema-tema polotik, nasionalisme, dan ghazal. Pergeseran tema Nizar ini terjadi sejak kekalahan yang diderita negara-negara Arab pada perang Arab-Israel tahun 1967. Adapun syair-syairnya terkumpul dalam beberapa antologi-antologi, seperti Al-A’malu Al-Kamilah yang di dalamnya terdapat syair yang berjudul Al-Quds. Syair ini bertema ghazl atau ratapan yang menceritakan bagaimana sedih dan sengsaranya rakyat Suriah atas penjajahan Israel yang menghancurkan negara tersebut beserta para penduduknya. Dalam setiap karya-karyanya, menunjukkan adanya eksperimentasi untuk menggunakan ungkapan-ungkapan populer tanpa terjebak dalam bahasa Arab pasaran (‘Amiyah). Bahasa keseharian diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan efek-efek tertentu dalam puisinya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti keindahan syair Nizar dari segi unsur-unsur bayannya yang tersirat. Di antara keindahan tersebut adalah tasybih (هيبشتلا) atau menyamakan sesuatu dengan suatu yang lain, dan majaz (زالمجا) atau menggunakan arti bukan pada lafadz aslinya, selain itu juga menggunakan kinayah (ةيانكلا) atau mensifati sesuatu sesuai dengan yang disifati. Namun pada syair ini peneliti hanya menemukan dua unsur bayan, yaitu majaz dan kinayah. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini ialah: pertama, bagaimana bentuk unsur-unsur bayan dalam syair Nizar Qabbani pada bab Al-Qudsi?. Dan kedua, apa fungsi unsur-unsur bayan yang terdapat dalam syair Nizar Qabbani pada bab Al-Qudsi?.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Kualitatif adalah metode yang lebih menekankan pada aspek pemahaman kualitas secara mendalam terhadap suatu masalah dan hasilnya bukan berupa angka-angka, sedangkan deskriptif adalah mendeskripsikan hasil- hasil penelitian secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat. Kemudian langkah-langkah peneliti dalam mengumpulkan data adalah dengan menggunakan teknik tinjauan pustaka (library research), yaitu peneliti membaca berulang-ulang hingga menemukan data- data yang berkaitan dengan unsur-unsur bayan, setelah itu peneliti melakukan analisis pada data-data tersebut dan menghasilkan hasil penelitian yang dikehendaki sesuai dengan rumusan masalah. Dan hasilnya, pada syair Nizar Qabbani peneliti hanya menemukan dua  unsur bayan, yakni majaz dan kinayah. Majaz ditemukan sebanyak 25 data, dan kinayah ditemukan sebanyak 14 data.

Kata kunci: Syi’r Al-Quds, Nizar Qabbani, Al ‘Anashir Al Bayaniyyah
File Selengkapnya.....


8. Al Anashir Al Bayaniyyah Min Syi'r Nizar Qabbani Fi Bab Al Quds Dirasah Balaghiyah adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 8. Al Anashir Al Bayaniyyah Min Syi'r Nizar Qabbani Fi Bab Al Quds Dirasah Balaghiyah




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



8. Al Anashir Al Bayaniyyah Min Syi'r Nizar Qabbani Fi Bab Al Quds Dirasah Balaghiyah


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "8. Al Anashir Al Bayaniyyah Min Syi'r Nizar Qabbani Fi Bab Al Quds Dirasah Balaghiyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi