97. Strategi Pengasuhan Orangtua Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia 4-6 Tahun

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian adalah bahwa subjek penetitian yaitu salah satu keluarga di kelurahan ngijo yang mempunyai kasus munculnya perilaku sibling rivalry pada kakak dan adik, sering terjadi perselisihan diantara kakak dan adik. Orang   tua   berusaha   memberikan   strategi pengasuhan   yang   sesuai   dengan karakteristik  anak  untuk  mengurangi  terjadinya  perilaku sibling  rivalry.  Karena orang tua sibuk dengan pekerjaannya atau orang tua karir dan mempunyai anak lebih dari satu dengan jarak yang cukup dekat dan masih termasuk kategori anak usia dini. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana perilaku sibling ribvalry yang terjadi pada anak usia 4-6 tahun di Kelurahan Ngijo dan bagaimana strategi pengasuhan orang tua untuk mengatasi perilaku sibling rivalry pada anak usia 4-6 tahum di Kelurahan Ngijo. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana perilaku sibling  rivalry  yang terjadi  di  Kelurahan  Ngijo dan  memahami  strategi pengasuhan orang tua untuk mengatasi perilaku sibling rivalry pada anak usia 4-6 tahun di Kelurahan Ngijo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah    orang tua, anak, pengasuh dan pendidik di Kelurahan Ngijo Kecamatan Gunungpati. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian menggunakan tringulasi sumber, teknik, waktu, analisis data dengan menggunakan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian memperoleh teori subtantif yaitu perilaku sibling rivalry yang terjadi karena pertengkaran antar saudara, sikap berkuasa kakak, pengaruh teman sebaya, perilaku saling merebutkan perhatian dari orang tua. Strategi pengasuhan yang dilakukan orang tua untuk mengatasi perilaku sibling rivalry pada anak usia dini yaitu orang tua mengajarkan sikap mandiri pada anak, orang tua memberikan pengertian pada anak, orang tua mendampingi anak, orang tua mencarikan solusi kepada anak, orang tua membiarkan anak, dan orang tua mengajarkan disiplin pada anak.

Kata kunci: Perilaku Sibling Rivalry, Pengasuhan Orang tua.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

97. Strategi Pengasuhan Orangtua Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia 4-6 Tahun adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "97. Strategi Pengasuhan Orangtua Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia 4-6 Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel