3. Bentuk implementasi tanggung jawab sosial Credit Union upaya pemberdayaan perempuan melalui program keuangan mikro.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Credit Union Sauan Sibarrung dalam upaya pemberdayaan anggota perempuan melalui program-programnya dan sejauh mana program-program tersebut dipraktekkan di dalam Credit Union Sauan Sibarrung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengacu pada metode interpretatif fenomenologi analisis. Dari hasil penelitian di lapangan, diketahui jumlah anggota Credit Union Sauan Sibarrung saat ini sudah mencapai 30.901 anggota, yang terdiri dari 12.254 orang anggota laki-laki, dan 18.647 orang anggota perempuan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa Credit Union Sauan Sibarrung telah membuat program kegiatan pendidikan dan pelatihan, untuk mendorong dan menggiatkan semua anggotanya secara khusus anggota perempuan untuk ikut terlibat mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan. Untuk menggiatkan sebuah pemberdaayan terhadap anggotanya, Credit Union Sauan Sibarrung membentuk komunitas yakni kelompok binaan yang terdiri dari kelompok binaan pertanian, peternakan, industri rumah tangga, dan Credit Union microfinance innovation. Saat ini, jumlah kelompok binaan di Credit Union Sauan Sibarrung sebanyak 266 kelompok dengan jumlah anggota 1.993 orang. Dari hasil penelitian di 4 tempat pelayanan, yakni TP Rantepao dengan anggota perempuan yang tergabung sebanyak 76 orang, TP Rantetayo 28 orang anggota perempuan, TP Sangalla 69 orang anggota perempuan, dan TP Mengekendek 5 anggota perempuan. Data dari 4 TP tersebut memperlihatkan bahwa, implementasi program kerja Credit Union Sauan Sibarrung telah memberdayaan anggota perempuan yang dapat dilihat dari jumlah anggota perempuan yang terlibat pada program kegiatan pemberdayaan CU lebih besar, yang berarti anggota perempuan memiliki keinginan yang besar untuk mau terlibat aktif dan berperan dalam mengingkatkan taraf hidup sosial-ekonomi mereka.

Kata kunci: Perempuan, Pemberdayaan, Credit Union
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

3. Bentuk implementasi tanggung jawab sosial Credit Union upaya pemberdayaan perempuan melalui program keuangan mikro. adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "3. Bentuk implementasi tanggung jawab sosial Credit Union upaya pemberdayaan perempuan melalui program keuangan mikro."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel