4. Manajemen Program Pembinaan Karakter Berbasis Agama Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri 5

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan program pembinaan karakter berbasis agama di SMA Negeri 5 Yogyakarta, (2) Pelaksanaan program pembinaan karakter berbasis agama di SMA Negeri 5 Yogyakarta, (3) Evaluasi program pembinaan karakter berbasis agama di SMA Negeri 5 Yogyakarta.
Penelitian   ini   merupakan   penelitian   deskriptif   dengan   pendekatan kualitatif.  Informan pada penelitian  ini  meliputi  kepala sekolah, wakil  kepala bagian kesiswaan, wakil kepala bagian kurikulum, guru, dan siswa. Lokasi penelitian di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil   penelitian   menunjukkan:   (1)   Perencanaan   program   karakter dilakukan dengan perancangan program sekolah berbasis agama setelah dilakukan launching dari walikota berdasarkan visi dan misi sekolah. Perencanaan program dilakukan secara pleno dengan melibatkan seluruh personil sekolah untuk menentukan prioritas mengenai kebutuhan program yang mencakup fasilitas pendukung,  rancangan  pembiayaan  dalam  APBS,  analisis  kebutuhan  yang menjadi prioritas, dan pembagian job pada setiap wakasek. Perencanaan pada kurikulum   dengan   memasukkan   pada muatan   dan   pembuatan   RPP.   (2) Pelaksanaan pembinaan karakter berbasis agama dilakukan pada seluruh kegiatan sekolah yang menggambarkan peran personil dan fasilitas. Kegiatan tersebut dilakukan dengan mengintegrasikan pada kegiatan belajar mengajar (KBM), ke dalam  kegiatan ekstrakurikuler  keagamaan,  dan  melalui  keseharian  budaya sekolah dengan menerapkan pembiasaan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian.   (4)   Evaluasi   program pembinaan   karakter   berbasis   agama dilakukan terhadap seluruh komponen meliputi fasilitas, anggaran, maupun personil. Evaluasi program melibatkan perwakilan wali siswa melalui komite. Pada kegiatan evaluasi, sekolah melakukan kegiatan monitoring pembinaan karakter terhadap siswa melalui kegiatan kokurikuker wajib dan buku tata tertib. Penilaian pembinaan karakter adalah melalui penilaian afeksi kepribadian dan akhlak mulia. Tindak lanjut dari pembinaan karaker adalah melakukan penekanan yang lebih baik pada program yang menjadi prioritas.

Kata Kunci : manajemen program, pembinaan karakter 
File Selengkapnya.....


4. Manajemen Program Pembinaan Karakter Berbasis Agama Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri 5 adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 4. Manajemen Program Pembinaan Karakter Berbasis Agama Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri 5




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



4. Manajemen Program Pembinaan Karakter Berbasis Agama Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri 5


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "4. Manajemen Program Pembinaan Karakter Berbasis Agama Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri 5"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi