259. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Kanisius Sorowajan Banguntapan Bantul.

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh inkonsistensi warga sekolah dalam menerapkan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar Kanisius Sorowajan, Banguntapan, Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Adapun objek dari penelitian ini   adalah   situasi   implementasi   pendidikan   karakter   peduli   lingkungan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara,  dan  dokumentasi.  Analisis  data dengan  reduksi  data,  penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar Kanisius Sorowajan dilaksanakan dengan cara (1) Pengembangan kurikulum sekolah meliputi program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan budaya sekolah. Program pengembangan diri meliputi kegiatan piket dan Jumat bersih, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian sekolah. Pengintegrasian diupayakan dalam semua mata pelajaran. Budaya sekolah melalui program sekolah, penyediaan ruang dan fasilitas, motivasi, penerapan hadiah dan hukuman, dan pengembangan karakter kepedulian terhadap diri pribadi dan lingkungan. (2) Pengembangan proses pembelajaran kelas dengan praktek lapangan dan pembelajaran berbasis media dari alam; sekolah melalui program sekolah, pembiasaan, pengarahan dan lomba; dan luar sekolah melalui kegiatan pramuka dan  kunjungan  luar sekolah.  (3)  Pengembangan  kesehatan  sekolah  meliputi pemeliharaan ruang dan bangunan, pencahayaan, ventilasi, pengelolaan fasilitas sanitasi, pengelolaan kantin sekolah, pencegahan jentik nyamuk, larangan dan penyuluhan bahaya rokok, serta promosi hygiene dan sanitasi melalui himbauan/ajakan.

Kata kunci : implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan


259. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Kanisius Sorowajan Banguntapan Bantul. adalah yang barusan kamu baca.



Cukup 50RIBU saja, kamu akan dapatkan file Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP 259. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Kanisius Sorowajan Banguntapan Bantul.




Rp. 100.000 = 4 File Skripsi Lengkap
(File yang dapat Anda request hanyalah file yang terdapat di web/blog yang sedang kamu kunjungi sekarang ini dan juga klikskripsi.com / fileskripsi.com / koleksiskripsi.com)
Untuk Thesis = Rp. 100.000/File Lengkap



259. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Kanisius Sorowajan Banguntapan Bantul.


Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari.

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KoleksiSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada RIBUAN file referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "259. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Kanisius Sorowajan Banguntapan Bantul."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


close
WhatsApp Klikskripsi