102. Analisa Komponen Asam Lemak dari Biji Nangka dengan Metode GC-MS dan Uji Aktivitas Antibakteri

ABSTRAK
Telah dilakukan analisa komponen asam lemak dari biji nangka dengan metode GC-MS dan uji aktivitas antibakteri (Artocarpus heteropylus. L)  Tahap ekstraksi dilakukan secara maserasi dengan menggunakan serbuk biji nangka dan pelarut n- heksana  menghasilkan  asam  lemak.  Tahap pembuatan    metil  ester  dianalisa dengan GC-MS menunjukkan delapan komponen asam lemak. Dimana komponen utamanya yaitu Metil linoleat 46,74%, Metil palmitat 35,52%, Metil octadecatrienoeat 10,71%, Metil behenat 4,62%, Metil Stearat 1,52% ,Metil lignocerat 1,18%,Metil Arahidat 2,12% , Metil heneicosanoeat 0,16%. Asam lemak hasil ekstraksi maserasi di uji aktivitas antibakterinya dengan metode difusi dan menggunakan tiga patogen diantaranya dua bakteri gram positif (Staphylococcus aureus, Streptococcus mutan) dan satu bakteri gram negatif (Escherichia coli). Hasil zona bening yang diperoleh dari uji aktivitas antibakteri dari beberapa konsentrasi terdapat bakteri gram negatif   yang sangat kuat sebesar 26,77mg/ml dari konsentrasi 500mg/ml.

Kata  Kunci  :  Biji  nangka  ,  Artocarpus  heterophyllus,  bakteri  gram  negatif,Escherichia coli


Tag Favorit :

102. Analisa Komponen Asam Lemak dari Biji Nangka dengan Metode GC-MS dan Uji Aktivitas Antibakteri adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "102. Analisa Komponen Asam Lemak dari Biji Nangka dengan Metode GC-MS dan Uji Aktivitas Antibakteri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel