106. Penentuan Kadar Unsur Timbal (Pb), Mangan (Mn), Zink (Zn), Besi (Fe), Magnesium (Mg) Pada Debu dan Tanah Erupsi

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang penentuan kadar unsur Timbal ( Pb) Mangan (Mn), Zink (Zn), Besi (Fe), dan Magnesium (Mg) pada debu dan tanah erupsi gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan menggunakan alat ICP ( Inductively Couple Plasma ), XRD ( X-Ray Difraction) dan XRF ( X-Ray Fluoresence). Sampel debu dan tanah di destruksi basah menggunakan HNO3(p) selama 2jam. Kemudian sampel di diamkan selama 30 menit, di saring dan diencerkan dengan aquadest 50 ml kemudian di uji dengan ICP. Dari hasil penelitian kadar debu erupsi gunung Sinabung dihasilkan yaitu Kadar unsur Timbal (Pb) sebesar 0,049 ppm, Mangan (Mn) sebesar 1,200 ppm, Zink (Zn) sebesar 0,265 ppm, Besi (Fe) sebesar 97,50 ppm dan Magnesium (Mg) sebesar 3,888 ppm sedangkan dari hasil penelitian kadar tanah erupsi gunung Sinabung yaitu kadar unsur Timbal (Pb) sebesar 0,126 ppm, Mangan (Mn) sebesar 2,428 ppm, Zink (Zn) sebesar 0,467 ppm, Besi (Fe) sebesar 173,91 ppm dan Magnesium (Mg) sebesar 12,59 ppm. Dari hasil penelitian tersebut Kadar Logam pada Tanah hasil erupsi gunung Sinabung lebih tinggi dariada kadar debu hasil eruspi gunung Sinabung. Dari hasil penelitian yang didapatkan disimpulkan bahwa kadar logam dan mineral Pb, Mn, Zn, Fe, dan Mg pada debu dan tanah hasil erupsi gunung Sinabung sudah memenuhi kualitas standar SNI Nomor 7387-2009.

Kata kunci : Erupsi, Debu, Tanah, ICP, Logam Pb, Mn, Zn, Fe, dan Mg.


Tag Favorit :

106. Penentuan Kadar Unsur Timbal (Pb), Mangan (Mn), Zink (Zn), Besi (Fe), Magnesium (Mg) Pada Debu dan Tanah Erupsi adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "106. Penentuan Kadar Unsur Timbal (Pb), Mangan (Mn), Zink (Zn), Besi (Fe), Magnesium (Mg) Pada Debu dan Tanah Erupsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel