33. Pengelolaan Pendidikan Vocational Pada Jenjang Smplb

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pendidikan vocational pada jenjang SMPLB dan SMALB tunagrahita di SLB Negeri Pembina Yogyakarta   yang   meliputi beberapa   proses   yaitu:   (1)   Perencanaan;   (2) Pelaksanaan; (3) Pengawasan yang meliputi komponen peserta didik, guru, dan kurikulum.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah koordinator sentra pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus (PK-PLK), kepala sekolah, wakaur pengajaran dan kurikulum, guru rombel keterampilan dan orang tua peserta didik rombel keterampilan. Penelitian ini dilaksankan di SLB Negeri  Pembina  Yogyakarta  selama  bulan  Maret-April  2016. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan peserta didik dilakukan oleh sekolah dengan membentuk penjurusan keterampilan yang dimulai pada jenjang SMPLB dan SMALB dengan melihat kemampuan yang dimiliki peserta   didik,   perencanaan   guru   dilakukan oleh   Dinas   Pendidikan   Kota Yogyakarta, perencanaan kurikulum menggunakan pendekatan tematik keterampilan  yang  dikaitkan  dengan  beberapa  jurusan  keterampilan  yaitu  tata boga, tata busana, tata rias, tekstil, otomotif, keramik, pertanian, perkayuan, dan TIK;  2)  Pelaksanaan pembinaan  dan  pengembangan  peserta  didik  melalui kegiatan kurikuler dilaksanakan di dalam kelas meliputi pendidikan akademik dan pendidikan keterampilan dengan sistem rombongan belajar sedangkan pembelajaran di luar kelas dilakukan dengan pelaksanaan magang serta kegiatan ekstrakurikuler  yang dilakukan  yaitu  pada bidang kepramukaan, kesenian dan keolahragaan, pengembangan guru dilakukan diklat bagi guru pendidikan PLB ke keterampilan sedangkan  guru pendidikan keterampilan  ke-PLBan, pelaksanaan kurikulum dilaksanakan dengan melihat pelaksanaan pembelajaran yang lebih menekankan pada praktek keterampilan sesuai masing-masing jurusan; (3) Pengawasan dilakukan oleh pihak kepala  sekolah  dan  Dinas  Pendidikan  Kota Yogyakarta yang bertujuan untuk supervisi terhadap guru rombel keterampilan.

Kata kunci: pengelolaan, program pendidikan vocational, SLB tunagrahita.


Tag Favorit :

33. Pengelolaan Pendidikan Vocational Pada Jenjang Smplb adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "33. Pengelolaan Pendidikan Vocational Pada Jenjang Smplb"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel