34. Efektifitas Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat

ABSTRAK
Kegiatan pinjam-meminjam uang telah dilakukan sejak lama dalam kehidupan masyarakat yang telah mengenal uang sebagai alat pembayaran. Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, bahwa tugas pokok suatu bank adalah menghimpun dana dari masyarakat kemudian menyalurkan dana tersebut ke masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk  kredit.  PT  Bank  XXX  Medan  juga  menyalurkan fasilitas kredit sebagaimana bank pada umumnya. Secara umum, dapat dikatakan bahwa peminjam dalam meminjam uang dipergunakan untuk membiayai kebutuhan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau untuk memenuhi keperluan dana guna pembiayaan kegiatan usaha. Dengan demikian, kegiatan pinjam-meminjam uang sudah merupakan bagian dari kehidupan mayarakat saat ini. Dalam pelaksanaan kredit usaha rakyat terdapat berbagai faktor-faktor yang menjadi acuan efektif tidaknya kredit usaha rakyat tersebut karena itu perlu diteliti mengenai acuan tersebut. Berdasarkan pemaparan diatas, bahwa terdapat beberapa masalah yang layak dikaji sebagai objek penelitian sehingga penulis tertarik untuk mengangkat dengan judul: Efektivitas Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat.
Adapun metode yang dipakai dalam penulisan skripsi ini adalah metode Normatif  Empiris, yaitu  metode  penelitian  yang  dilakukan  dengan menggabungkan antara penelitian hukum normatif (penelitian perpustakaan) dengan penelitian hukum empiris yang berdasarkan data primer yang diperoleh melalui penelitian lapangan melalui wawancara dan penyampaian pertanyaan terhadap efektifitas pelaksanaan kredit usaha rakyat.
Pasal 1 angka 1 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 20/PMK.05/2015 ,Kredit  Usaha Rakyat ialah  kredit/pembayaan  modal  kerja  dan/atau  investasi kepada debitur usaha yang produktif dan layak,namun belum memiliki agunan tambahan  atau  agunan  tambahan  belum  cukup .  KUR adalah  program  yang dirancang oleh pemerintah namun sumber dananya sepenuhnya berasal dari bank. Manfaat KUR adalah untuk meningkatkan dan mempercepat pengembangan sektor-sektor primer   dan   pemberdayaan   usaha   skala   kecil,   memperluas kesempatan   kerja, untuk meningkatkan   aksestabilitas   terhadap   kredit   dan lembaga-lembaga keuangan, dan mengurangi tingkat kemiskinan. Adapun sasaran program KUR, yaitu kelompok masyarakat yang telah dilatih dan ditingkatkan keberdayaan kemandiriannya pada program sebelumnya. Harapannya agar kelompok masyarakat tersebut mampu memanfaatkan skema pendanaan yang berasal dari lembaga keuangan formal.

Kata Kunci: Pinjam-meminjam, Kredit Usaha Rakyat ( KUR ).


Tag Favorit :

34. Efektifitas Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "34. Efektifitas Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel