64. Analisis Pengelolaan Kawasan Rawan Banjir Berbasis Zonasi

ABSTRAK
Peristiwa banjir merupakan salah satu aspek yang kerap kali dilupakan berkaitan dengan terjadinya banjir di daerah perkotaan sangat berkaitan erat dengan kesatuan wilayah yang disebut dengan daerah aliran sungai (DAS), sehingga pengelolaan suatu kawasan daerah aliran sungai diperlukan untuk menagani banjir pada kawasan daerah aliran sungai. Daerah studi kasus dalam penelitian ini adalah kawasan das pangkajene sebagai salah satu daerah yang rawan banjir di kabupaten pangkep. Penelitian difokuskan pada zonasi daerah rawan banjir berdasarkan tingkat proyeksi kerentanan banjir, serta melihat upaya pola pengelolaan kawasan rawan banjir dengan pengembangan wilayah kedepannya.
Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi daerah yang rentan terhadap banjir adalah dengan menggunakan GIS (Geography Information System). GIS ini memberikan informasi mengenai kondisi fisik suatu daerah, karakteristik banjir, kondisi penggunaan lahan dll, yang nantinya dapat dilakukan analisis terhadap daerah yang memiliki kemungkinan/rentan terhadap banjir. 
Dari hasil analisa diatas dapat diketahui zonasi daerah rawan banjir di Kawasan Das Pangkajene yang dibagi menjadi 3 zona yaitu zona kerentanan tinggi, sedang, dan rendah. Setiap zona memiliki karakteristik banjir dan faktor penyebab banjir yang berbeda-beda, dimana masalah drainase dan kondisi aspek fisik dasar yang merupakan faktor utama terjadinya banjir pada lokasi penelitian.
Sebagai rekomendasi, perlu dilakukan  penglolaan kawasan rawan banjir Das Pangkajene berbasis Zona rawan bencana banjir, agar tidak terjadi dampak yang lebih besar dari bencana banjir tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dasar kepada pemerintah dan masyarakat dalam hal Pengelolaan Kawasan rawan banjir di daerah yang rentang banjir di Das Pangkajene.

Kata Kunci : Zonasi Kerentanan Banjir, GIS, Pengelolaan Kawasan Banjir


Tag Favorit :

64. Analisis Pengelolaan Kawasan Rawan Banjir Berbasis Zonasi adalah yang barusan kamu baca.

Belum ketemu Referensi Judul yang kamu cari? Coba Klik Icon Search Ketik referensi Judul Skripsi yang kamu cari. Tersedia File Lengkapnya BAB 1 sampai PENUTUP, Pertanyaan dan Konfirmasi Via WA Klik Disini

Jika Referensi yang kamu cari tidak ada disini coba cek di www.fileSkripsi.com atau www.KlikSkripsi.com

Bingung belum punya judul Skripsi, tidak perlu kawatir ada 10.000++ referensi Skripsi Klik disini

Belum ada Komentar untuk "64. Analisis Pengelolaan Kawasan Rawan Banjir Berbasis Zonasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel